Pemerintah Larang Penerbangan Komersil 24 April Sampai 1 Juni

Kamis, 23 April 2020 18:49 Reporter : Sulaeman
Pemerintah Larang Penerbangan Komersil 24 April Sampai 1 Juni Bandara Soekarno Hatta. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Pemerintah resmi melarang seluruh masyarakat untuk melakukan kegiatan mudik Lebaran hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah mulai Jumat (23/4). Imbasnya penggunaan moda transportasi udara akan mengalami penyesuaian untuk menghalau pemudik nekat.

Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan mulai 24 April sampai 1 Juni 2020 pemerintah melarang operasional pesawat berjadwal maupun pesawat charter baik dari dalam maupun keluar negeri.

"Ini berlaku nasional karena pesawat udara punya karakteristik yang berbeda. Ketika satu pelarangan, maka ini berlaku nasional," kata Novie melalui siaran video conference, Kamis (23/4).

Kendati demikian, Dirjen Novie menyebutkan larangan penerbangan ini tidak berlaku untuk penerbangan logistik, penerbangan yang mengangkut tamu negara, penerbangan khusus repatriasi, penerbangan terkait penegakan hukum, penerbangan yang mengangkut alat medis dan penerbangan yang mengangkut tenaga medis untuk keperluan penanganan covid-19.

Disamping itu, navigasi ruang udara tetap dibuka untuk memastikan layanan navigasi untuk overflight tetap berjalan baik. Bahkan, operasional bandara di seluruh Indonesia berjalan normal untuk melayani pesawat yang melakukan penerbangan ditengah pandemi covid-19.

"Wajib layani pesawat yang take-off dan landing yang melintasi bandara tersebut," tegasnya.

Baca Selanjutnya: Bandara Soekarno-Hatta Turut Tutup Operasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini