Pemerintah Klaim Kegiatan Ekonomi Mulai Tunjukan Tren Perbaikan

Jumat, 14 Agustus 2020 17:22 Reporter : Merdeka
Pemerintah Klaim Kegiatan Ekonomi Mulai Tunjukan Tren Perbaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. ©2020 Foto: Tebe/Humas Ekon

Merdeka.com - Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyebut indikator perekonomian terus mengalami tren perbaikan. Dibandingkan dengan negara lain, Menko Airlangga menyebut kontraksi Indonesia di kuartal II tak terlalu dalam.

Di mana, ekonomi Indonesia terkontraksi -5,32 persen. Sementara, Filipina mencapai -16,5 persen. Singapura -12 persen. Jerman -11 persen dan Prancis -19 persen.

"Tren Perekonomian berbagai indikator sudah ada perbaikan arah positif. Pandemi ini yang terburuk ada di akhir Maret, awal April. Di mana seluruh chart itu berada di bawah. Tapi beberapa sudah naik," ujar Menko Airlangga dalam Konferensi Pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2021, Jumat (14/8).

Selain itu, Menko Airlangga juga mencatat harga minyak yang relatif naik. Tembaga dan aluminium juga menunjukkan tren yang sama. Demikian juga CPO juga sudah RM 2.800/ton.

"Jadi, kira kira sudah di atas harga. Lalu, ini juga relatif harganya baik. Dari ekonomi baik di Sumatera dan Kalimantan tak sedalam di pulau Jawa," kata Menko Airlangga.

Baca Selanjutnya: Sektor Pengungkit Ekonomi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini