Pemerintah Kaji Ubah Skema Pemberian Subsidi Energi Menjadi BLT

Rabu, 8 April 2020 14:05 Reporter : Merdeka
Pemerintah Kaji Ubah Skema Pemberian Subsidi Energi Menjadi BLT Pembagian BLT. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah masih melakukan kajian terhadap rencana perubahan skema subsidi energi yang direncanakan untuk langsung diserahkan kepada masyarakat. Pemerintah segera membahas rencana perubahan skema subsidi energi tersebut dalam sidang kabinet.

"Ini sedang dalam proses. Sebab perubahan dan review ini bukan hanya untuk jangka pendek tapi juga jangka panjang. Untuk menyiapkan itu kita tidak boleh terburu-buru harus solid dan komprehensif," ujar Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, dalam video konferensi, Rabu (8/4).

Askolani menambahkan, penanganan covid-19 yang sekarang dilakukan bisa menjadi pelajaran komprehensif dalam merancang kebijakan ke depannya. "Ini bisa menjadi pijakan untuk reformasi di tahun-tahun ke depan. Tidak hanya subsidi, juga kebijakan di bidang kesehatan, jaring pengaman sosial, dan perlindungan UMKM," kata Askolani.

1 dari 1 halaman

Data Penerima Menjadi Tantangan

menjadi tantangan

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu, Andin Hadiyanto menilai, desain subsidi yang baik memang langsung diberikan kepada penerima atau masyarakat membutuhkan.

Hanya saja, kata Andin, tantangan terbesar yang akan dihadapi adalah data. "Databasenya harus lebih baik dan lengkap," katanya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir sempat menyampaikan rencana pemerintah menerapkan kebijakan subsidi energi yang baru ke depan. Subsidi listrik, minyak, dan elpiji, nantinya akan langsung disalurkan kepada masyarakat dan tidak lagi melalui BUMN.

Terkait dengan gagasannya itu, Menteri Erick mengatakan pihak-pihak terkait, termasuk Menteri Keuangan dan Menteri ESDM sudah mencapai kesepakatan. Namun, dia belum bisa mengumumkan hasilnya.

Reporter: Pipit Ika Ramadhani

Sumber: Liputan6

[bim]

Baca juga:
Penyaluran Subsidi Tak Lagi Lewat BUMN, tapi Diberi Langsung ke Rakyat
Menko PMK Gelar Rakor Bahas Kebijakan Transformasi Subsidi Elpiji
Tekan Konsumsi Elpiji 3 Kg, PGN Incar 800.000 Rumah Tersambung Jargas Hingga 2021
Ganjar Pranowo: Banyak Orang Mampu seperti PNS, Dosen Gunakan LPG Subsidi
Wali Kota Solo Siapkan Komentar Pedas Jika Subsidi Elpiji 3 Kg Dicabut
Pertamina Tunggu Aturan Pemerintah Naikkan Harga Elpiji 3 Kg

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini