Pemerintah Jokowi Target Tak Ada Lagi Kemiskinan di Desa

Senin, 21 September 2020 16:02 Reporter : Merdeka
Pemerintah Jokowi Target Tak Ada Lagi Kemiskinan di Desa Kemiskinan kota meleset. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar berjanji akan terus membangun desa di seluruh Indonesia melalui skema pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah ditetapkan PBB.

Abdul Halim Iskandar mengatakan, fokus pertama SDGs desa yang bakal diterapkan pada 2021 yakni 'Desa Tanpa Kemiskinan'.

"Kalau kita rinci, misalnya desa tanpa kemiskinan, apa indikatornya? Pertama, tingkat kemiskinan di desa mencapai 0 persen. Jadi dikatakan desa tanpa kemiskinan kalau tidak ada lagi kemiskinan di desa itu," katanya dalam sesi teleconference, Senin (21/9).

Menurut Abdul Halim, fokus Desa Tanpa Kemiskinan salah satunya bakal tercapai jika persentase warga desa peserta Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) bidang kesehatan dan ketenagakerjaan mencapai 100 persen.

Kemudian, Desa Tanpa Kemiskinan juga dapat dikatakan berhasil jika keluarga miskin penerima bantuan sosial menyentuh angka 100 persen.

"Akan ada orang yang membantah, mana mungkin desa tanpa kemiskinan? Karena kemiskinan tidak akan pernah hilang. Saya jawab mungkin, karena warga miskin penerima bantuan sosial mencapai 100 persen," ungkapnya.

Artinya, meskipun di desa tersebut masih ada warga miskin, namun pemerintah telah siap memfasilitasi dengan jaring pengaman sosial.

"Maka semuanya kalau sudah menerima bantuan sosial, maka sama dengan kemiskinan di desa itu nol," ujar Abdul Halim.

Baca Selanjutnya: Pembangunan Desa Tergantung Kepentingan Kelompok...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kemiskinan
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini