Pemerintah Jokowi Klaim Program Kartu Prakerja 2020 Berjalan Sesuai Target

Selasa, 23 Februari 2021 16:00 Reporter : Dwi Aditya Putra
Pemerintah Jokowi Klaim Program Kartu Prakerja 2020 Berjalan Sesuai Target Jokowi Kartu Prakerja. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengklaim, Program Kartu Prakerja pada 2020 sudah tersalurkan sesuai target kepada 5,5 juta penerima dari 11 gelombang pendaftaran. Penerima ini terdistribusi secara merata dan proporsional di 514 Kabupaten dan Kota dari 34 Provinsi di Indonesia.

"Dengan 3 provinsi penerima terbanyak tercatat di Jawa Barat, Jawa Timur, dan DKI Jakarta. Sementara 3 provinsi dengan penerima paling sedikit yaitu Papua Barat, Papua, dan Maluku Utara," kata Menko Airlangga dalam pembukaan Kartu Prakerja Gelombang ke-12 secara virtual, Selasa (23/2).

Selain capaian atau ouput tersebut, Program Kartu Prakerja juga baik dari sisi outcome, di mana selain untuk memberi keterampilan dan meningkatkan kompetensi, Program Kartu Prakerja juga terbukti sebagai instrumen perlindungan sosial yang melindungi daya beli penerimanya.

Hasil survei BPS tahun 2020 menunjukkan bahwa 88,9 persen penerima Prakerja menyatakan keterampilan kerjanya meningkat dan 81,2 persen menyatakan insentif yang diterima dipakai untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Ketua Komite Cipta Kerja itu menambahkan, Program Kartu Prakerja juga berhasil mendorong kebekerjaan dan kewirausahaan. Hal ini dapat dilihat dari hasil Survei Evaluasi yang dilakukan oleh PMO kepada jutaan penerima Prakerja bahwa sebanyak 35 persen penerima yang awalnya menganggur, pada saat dilakukan survei evaluasi mengatakan telah bekerja atau berwirausaha.

Program Kartu Prakerja juga terbukti dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat (inklusif), di mana Penerima Kartu Prakerja sebanyak 5 persen adalah difabel, 9 persen berpendidikan SD ke bawah, 2 persen mantan Pekerja Migran Indonesia, 2 persen berasal dari kabupaten tertinggal, 45 persen perempuan, dan 25 persen belum terinklusi secara keuangan.

Baca Selanjutnya: Kunci Sukses Penerapan Kartu Prakerja...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini