Pemerintah Jamin Pasokan 11 Bahan Pokok Aman Hingga Lebaran 2021

Senin, 8 Maret 2021 12:13 Reporter : Sulaeman
Pemerintah Jamin Pasokan 11 Bahan Pokok Aman Hingga Lebaran 2021 Cabai di Pasar Tradisional. ©2018 Merdeka.com/Bram Salam

Merdeka.com - Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi menjamin ketersediaan 11 bahan pokok (bapok) di bulan Ramadan hingga usai hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dalam kondisi aman terkendali.

"Kita selalu memantau produksi pangan khususnya 11 bahan pokok. Berdasarkan prognosa Ketersediaan pangan sampai dengan bulan Mei kondisinya aman.
Mei kan lebaran ya, sampai setelah lebaran itu kondisinya sangat aman," tegas Agung kepada Merdeka.com, Senin (8/3).

Agung mencontohkan, untuk stok nasional komoditas beras hingga akhir Desember 2020 ada sekitar 7,3 juta ton, baik yang di Bulog, di penggilingan, maupun di pedagang. Sementara untuk produksi sampai Mei diproyeksikan sekitar 18 juta ton.

"Sehingga, totalnya sekitar 25 juta ton hingga Mei nanti," ungkap dia.

Sedangkan, menurut Agung, kebutuhan konsumsi beras hingga Mei mendatang diperkirakan hanya sebesar 13 juta ton. "Artinya masih ada stok yang mencukupi untuk menghadapi Ramadhan," bebernya.

Selain beras, 11 bahan pokok lain juga dipastikan surplus pada neraca Mei 2021 yaitu jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi/kerbau, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir, dan minyak goreng. Jagung misalnya, yang diprediksi surplus 5 juta ton, kedelai sekira 193 ribu ton, cabai rawit 91 ribu ton, dan gula pasir surplus 368 ribu.

Berdasarkan data Kementan pada Januari hingga Mei 2021, perkiraan impor hanya untuk tiga komoditas langganan. Yakni, kedelai sebanyak 1 juta ton, bawang putih 257 ribu ton, daging sapi/kerbau 154 ribu ton, dan gula pasir 646 ribu.

"Di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian kita sudah membuat prediksi berapa harus impor, dan kapan harus masuk. Sehingga perkiraannya supaya pemenuhan di bulan Ramadan itu aman," tutupnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini