Pemerintah Jamin Keamanan Nelayan yang Melaut di Natuna

Senin, 6 Januari 2020 15:10 Reporter : Merdeka
Pemerintah Jamin Keamanan Nelayan yang Melaut di Natuna Presiden Jokowi di Natuna. ©2016 Facebook.com/Luhut Binsar Pandjaitan

Merdeka.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan bahwa pemerintah akan memberikan jaminan kepada para nelayan yang mencari ikan di perairan Natuna.

Seperti yang diketahui, laut Natuna kita sedang menjadi rebutan antara Indonesia dengan China. Kapal Coast Guard China memasuki ZEE Natuna tanpa izin.

Moeldoko juga setuju jika perairan Natuna dijaga dengan ketat agar tidak ada lagi yang berani memasuki perairan tersebut.

"Intinya mungkin, ya, wilayah itu memang perlu diisi, yang kedua juga sekaligus berikan jaminan. Pemerintah berikan jaminan kepada siapapun yang melakukan kegiatan mencari ikan di sana, itu harus kita amankan," ujarnya di Gedung Kemenko PMK, Senin (6/1).

1 dari 1 halaman

Lakukan 2 Pendekatan

Moeldoko melanjutkan, pemerintah telah mengambil 2 pendekatan penyelesaian permasalahan laut Natuna. Pertama, dengan diplomasi dan kedua, dengan militer.

"Diplomasi dimulai dengan yang soft, sampai dengan yang hard. Kemudian, TNI juga sudah mengambil langkah-langkah antisipatif, dengan mengerahkan berbagai kekuatan untuk mengisi Natuna," imbuhnya.

Setelahnya, akan ada langkah penyelesaian lebih lanjut seperti pembicaraan tingkat tinggi. "Bagi saya, intinya kedaulatan tidak bisa dinegosiasikan," ungkapnya. [idr]

Baca juga:
Pemerintah Diminta Tegas Soal Perairan Natuna
China Ganggu Natuna, Jokowi Tegaskan Kedaulatan Negara Tak Bisa Ditawar
Gerindra Sebut Menhan Prabowo Sudah Tegas dengan Kirim TNI ke Natuna
Klaim China Soal Laut Natuna Tak Berdasar, RI Tak Perlu Negosiasi
TNI Menolak Terpancing Provokasi Kapal China di Natuna

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini