Pemerintah Jamin 11 Komoditas Bahan Pokok Aman Sampai Desember 2020

Selasa, 16 Juni 2020 20:12 Reporter : Anisyah Al Faqir
Pemerintah Jamin 11 Komoditas Bahan Pokok Aman Sampai Desember 2020 Menko Airlangga Resmi Buka Pendaftaran Kartu Prakerja. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, menjamin ketersediaan 11 kebutuhan pokok nasional aman sampai Desember 2020. Sebelas kebutuhan pokok nasional yang dimaksud yaitu beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit , daging merah, daging ayam, telur ayam ras gula pasir dan minyak goreng.

"Perkiraannya relatif sampai Desember masih aman," kata Menko Airlangga dalam Webinar IPMI bertema 'Triple Helix Innovation for Sustainable Food System in Indonesia Amid Covid-19', Jakarta, Selasa (16/6).

Ketua Umum Partai Golkar ini mengakui sempat terjadi gangguan impor menjelang Idulfitri. Hal ini terjadi karena beberapa negara pengekspor bahan pangan menetapkan kebijakan penguncian wilayah (lockdown). Sehingga menyebabkan beberapa komoditas yang biasanya impor mengalami kendala.

"Jadi beberapa komoditas yang biasanya kita menggantungkan ke India itu kita tidak bisa bergerak sama sekali," kata dia.

1 dari 1 halaman

Diversifikasi Bahan Pangan

pangan

Menko Airlangga melanjutkan, terkait kebutuhan bahan pangan domestik masih didominasi oleh kebutuhan energi dari tanaman. Rekomendasi angka kecukupan energi sebesar 2.100 kkal/kap/hari.

Rekomendasi angka kecukupan protein sebesar 56 gram,kap/hari. Namun produksi jenis bahan pangan kurang beragam karena energi didominasi oleh padi atau beras.

Untuk itu usulan kebijakannya yakni sistem produksi diarahkan memproduksi bahan pangan yang beragam. "Jadi salah satu kuncinya diversifikasi agar kita sepenuhnya tidak tergantung pada industri protein yang kita gunakan sekarang," kata Menko Airlangga.

Terutama pada bahan pangan lokal untuk wilayah-wilayah yang secara tradisional digemari oleh masyarakat. Artinya protein daging, ikan dan diversifikasi ke tepung terigu dan tepung sagu.

[bim]

Baca juga:
Alumni Akabri 89 Salurkan 22.550 Paket Sembako ke 18 Wilayah Terdampak Corona
Polri Bagikan Sembako ke Warga Eks Timor-Timur di NTT
Ajak Warga Berolahraga di Rumah, Dispora Kota Tangerang Luncurkan Program 'Sembako'
Cak Imin Kirim Sembako untuk Para Seniman Tradisional yang Menganggur 3 Bulan
Polemik Video ASN Pemkot Tangsel Bagikan Sembako Bersama Bakal Calon Wali Kota
Pengembang South City Sumbang Ribuan Alat Tes Corona dan Sembako di Tangerang
Pertamina Patra Niaga Bagikan Paket Sembako Lebaran Ke 7.153 Awak Mobil Tangki

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini