Pemerintah Jabarkan Strategi Jadikan Indonesia Negara Maju 2045

Selasa, 9 Agustus 2022 13:55 Reporter : Siti Ayu Rachma
Pemerintah Jabarkan Strategi Jadikan Indonesia Negara Maju 2045 Indonesia dipastikan mengalami resesi. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Indonesia di tahun 2045 berambisi menjadi negara maju. Di mana, salah satu syaratnya ialah pertumbuhan ekonomi per tahun harus bisa mencapai 6 persen. Ekonomi hijau menjadi strategi transformasi ekonomi untuk mencapai target tersebut.

"Kita harus kerja extra dan itulah Pak Presiden (Joko Widodo) kita perlu melakukan rebound transformasi ekonomi yaitu ekonomi hijau," ujar Direktur Lingkungan Hidup Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Medrilzam, Bali, Selasa (9/8).

Dia menjelaskan, rencana strategis transformasi ekonomi lainnya yaitu dengan penciptaan sumber daya manusia berdaya saing, peningkatan produktivitas, transformasi digital, integrasi ekonomi domestik, hingga pemindahan ibu kota negara (IKN).

"Salah satu strategi transformasi ekonomi adalah melalui ekonomi hijau dengan pembangunan rendah karbon dan berketahanan iklim," terangnya.

2 dari 2 halaman

Bank Indonesia Beberkan 2 Kunci Menjadikan Indonesia Negara Maju di 2045

beberkan 2 kunci menjadikan indonesia negara maju di 2045

Deputi Direktur Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (BI), Prijono menyatakan, bahwa transformasi ekonomi diperlukan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju. Apalagi pemerintah bercita-cita dan menargetkan Indonesia untuk menjadi negara maju pada tahun 2045 mendatang.

Dia mengungkapkan, ada dua cara yang dapat dilakukan dalam transformasi ekonomi agar visi Indonesia menjadi negara maju dapat tercapai. Pertama, dengan memperkuat sektor-sektor utama atau unggulan. Kedua adalah melalui pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab menurut Prijono, saat ini banyak negara di dunia yang menjadikan ekonomi dan keuangan syariah sebagai tulang punggung perekonomiannya, bahkan termasuk negara yang mayoritas penduduknya bukan muslim. Sebut saja misalnya ada Australia yang bisa menghasilkan daging halal. Kemudian di Brasil dengan unggasnya, dan keuangan syariah di negara-negara eropa.

"Ini menunjukkan ekonomi syariah sudah mendapatkan tempat tidak hanya di negara-negara yang mayoritas berpenduduk muslim," katanya di Jakarta.

[bim]

Baca juga:
Pemerintah Targetkan Indonesia Jadi Bangsa Tangguh Bencana di 2045
Ekonomi Merata Jadi Kunci Indonesia Maju
Menteri Erick Dorong Startup Bantu Tingkatkan Kualitas Pekerja Lokal
Butuh 12 Persen untuk Menjadi Negara Maju, Rasio Wirausaha RI Baru 3,47 Persen
Menko Luhut: Nilai Rupiah Paling Kuat Saat ini di Dunia
BI Yakini Digitalisasi Pembayaran Mampu Jadikan RI Negara Berpenghasilan Tinggi
Mahasiswa USU Kawal Visi Jokowi Indonesia Maju dan Generasi Emas

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini