Pemerintah Harap Rumah Murah BPJamsostek untuk Buruh Mulai Dibangun 2020

Kamis, 26 Desember 2019 18:23 Reporter : Merdeka
Pemerintah Harap Rumah Murah BPJamsostek untuk Buruh Mulai Dibangun 2020 perumahan. ©2012 Merdeka.com/sapto anggoro

Merdeka.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berinisiatif menggalang kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan yang kini bernama BP Jamsostek dalam program pembangunan rumah untuk buruh. Potensi dana yang akan disediakan BP Jamsostek untuk program rumah murah ini mencapai sekitar Rp100 triliun.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR, Eko Djoeli Heripoerwanto, menyatakan pemerintah kini tengah membicarakan potensi pendanaan yang sangat besar tersebut dengan pihak BP Jamsostek.

"Sebagaimana saat ini saya kemukakan bahwa di tahun 2019-2024 ini (KPBU di bidang perumahan) akan menjadi program baru bagi pemerintah. Jadi kami akan inisiasikan kembali, hidupkan kembali yang tempo hari yang sudah dirintis (kerjasama pendanaan dengan BP Jamsostek)," tuturnya di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (26/12).

Terkait pemakaian dana tersebut, dia mengemukakan, hal itu jadi wewenang BP Jamsostek selaku pemilik uang. "Itu kan posisi keuangan mereka (BP Jamsostek). Tapi kita harus bicarakan apakah harus sebesar itu, semuanya atau tidak itu yang tengah kita bicarakan," ujar Eko.

Dia pun berharap, kerjasama pendanaan untuk pembiayaan rumah murah dengan BP Jamsostek bisa terlaksana tahun depan. "Kami berharap, itu salah satu sumber (pendanaan)," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Swasta Belum Ada Tertarik Ikut Proyek KPBU Perumahan

ada tertarik ikut proyek kpbu perumahan rev2

Pemerintah, lanjut Eko, juga terus mengajak swasta ikut dalam program pembangunan perumahan melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Sebab, hingga saat ini belum ada swasta yang menyampaikan ketertarikan untuk ikut serta dalam program KPBU penyediaan perumahan ini.

"Terus terang saja sampai dengan saat ini kita belum dapat minat dari pihak swasta, apakah tu dari developer apakah investor perumahan," katanya.

Dia meneruskan, saat ini sebenarnya sudah ada satu proyek KPBU penyediaan perumahan yang tengah berjalan. Namun itu diinisiasi oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Bandung yang lahan tanahnya juga dimiliki pemerintah setempat.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

[bim]

Baca juga:
Pemerintah Hentikan Program Subsidi Bunga KPR Mulai 2020
Lampaui Target, Penyaluran Dana FLPP Tembus Rp7,6 Triliun
UMK Naik, Ini Tips untuk Pekerja Bisa Segera Beli Rumah
Dana FLPP Tembus Rp11 Triliun, Pemerintah Bangun 102.500 Unit Rumah Subsidi di 2020
Ini Lokasi Perumahan Berkedok Syariah di Serang, hanya Ada 2 Rumah
Inovasi Baru, Beli Rumah dan Ajukan KPR BTN Kini Bisa Lewat Aplikasi Handphone

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini