Pemerintah Finalisasi Persyaratan Turis Asing Masuk Indonesia

Senin, 14 Juni 2021 16:45 Reporter : Anisyah Al Faqir
Pemerintah Finalisasi Persyaratan Turis Asing Masuk Indonesia Turis berjemur di Kuta. ©2013 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi masih melakukan finalisasi terkait persiapan pembukaan travel bubble antara Indonesia dengan sejumlah negara. Berbagai persiapan yang dilakukan ini nantinya akan diuji coba terlebih dahulu untuk dilakukan evaluasi.

"Travel bubble ini terus difinalisasi dan kita bisa jadikan Bali sebagai uji coba," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam Weekly Press Briefing, Jakarta, Senin (14/6).

Sandiaga mengatakan, finalisasi tengah dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri. Sehingga saat ini prosesnya masih berlangsung di kementerian pimpinan Retno Marsudi.

Kepala Biro Komunikasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Vinsensius Jemadu mengatakan, hasil finalisasi ini nanti akan diumumkan langsung oleh Kementerian Luar Negeri. Mulai dari persyaratan turis asing yang boleh masuk, hingga evaluasi yang akan dilakukan selama masa percobaan di Bali.

"Kementerian/lembaga ini sudah terus finalisasi persyaratan turis yang mau masuk dan lain sebagainya," kata dia.

Terpenting, kata Vinsensius pembukaan pariwisata di Bali untuk wisatawan asing masih dalam tahapan uji coba. Selama masa uji coba tersebut akan dilakukan evaluasi secara bertahap untuk memperbaiki sistem agar ketika saatnya dibuka secara umum, Bali sudah siap.

"Pembukaan bertahap di Bali itu pilot project dan akan dievaluasi apakah itu mingguan atau harian," kata dia mengakhiri. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini