Pemerintah Dorong Produk Teknologi dan Komunikasi untuk Pelajar Pakai Buatan RI

Kamis, 22 Juli 2021 18:27 Reporter : Merdeka
Pemerintah Dorong Produk Teknologi dan Komunikasi untuk Pelajar Pakai Buatan RI Belajar tatap muka di SDN Pondok Labu 14 Pagi. ©2021 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pemerintah telah memetakan kebutuhan produk teknologi, informasi komunikasi (TIK) untuk PAUD, SD, SMA, SLB, dan SMK pada tahun anggaran 2021 hingga 2024. Dia berharap makin banyak kebutuhan TIK bisa dipenuhi produksi dalam negeri.

"Proyeksi pengadaan TIK dalam negeri (untuk pelajar PAUD, SD, SMA, SLB, dan SMK), ada laptop, access point, konektor, LCD Proyektor, layar proyektor, speaker aktif. Kita berharap ini makin banyak diproduksi dalam negeri sejalan dengan dana Kemendikbud Ristek," kata Menko Luhut dalam Konferensi Pers Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri pada Sektor Pendidikan, Kamis (22/7).

Disamping itu, kata Menko Luhut, Pemerintah Daerah berkewajiban untuk mengalokasikan DAK fisik pendidikan untuk membeli produk dalam negeri sebagaimana yang telah dilakukan oleh Kemendikbud Ristek untuk membelanjakan laptop PDN 100 persen.

"Selain itu, Pemerintah berupaya mempersiapkan kemampuan riset dalam negeri untuk meningkatkan kandungan TKDN agar dapat memproduksi laptop Merah Putih mulai dari desain hingga pengembangannya," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Cintai Produk Dalam Negeri...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini