Pemerintah Dorong Pengembangan dan Investasi di KEK Kendal

Kamis, 19 Mei 2022 09:59 Reporter : Siti Nur Azzura
Pemerintah Dorong Pengembangan dan Investasi di KEK Kendal Menko Airlangga Hartarto. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan Menteri Keuangan Singapura Lawrence Wong. Dalam pertemuan tersebut, dia mendorong pengembangan serta investasi untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal, Jawa Tengah, termasuk Pelabuhan Kendal.

"Dikarenakan kedekatan jarak antara KEK Kendal dengan KIT Batang maka diharapkan pembangunan pelabuhan baru dapat memfasilitasi kedua wilayah tersebut daripada membangun dua pelabuhan baru di masing-masing wilayah," kata Airlangga di Jakarta, dikutip Antara, Kamis (19/5).

Pertemuan ini dilakukan mengingat terdapat peluang strategis dalam membuka lebih banyak lapangan kerja dan meningkatkan potensi ekspor. Lawrence Wong mengatakan, pelabuhan baru yang masuk dalam KEK Kendal tersebut dapat dilengkapi fasilitas dan teknologi modern sehingga dapat semakin menunjang aktivitas perekonomian.

Terlebih lagi, ekonomi Indonesia dan Singapura beberapa tahun belakangan tertekan akibat pandemi COVID-19 meski saat ini sudah mulai terkendali dan menuju tahap endemi. Lawrence Wong yang juga Co-Chair Satgas Interkementerian Penanganan Pandemi COVID-19 Singapura menuturkan kondisi di negaranya juga sudah cukup terkendali.

Dalam pertemuan ini, Airlangga dan Lawrence Wong turut membahas kondisi geopolitik terutama terkait dampak perang Rusia dan Ukraina. Sebagai salah satu anggota dari Champion Group of the Global Crisis Response Group (GCRG), Indonesia dipercaya oleh Sekjen PBB untuk mendorong konsensus global.

Indonesia juga ditugaskan melakukan advokasi solusi untuk mengatasi krisis pangan, energi dan keuangan global. Upaya itu akan dilakukan bersama lima pemimpin dunia lainnya yaitu Presiden Senegal, Kanselir Jerman, Perdana Menteri Barbados, Perdana Menteri Denmark dan Perdana Menteri Bangladesh. [azz]

Baca juga:
Pemerintah Kaji Bangun KEK Bebas Pajak di Ibu Kota Nusantara
PGN Gandeng PIM Kembangkan Hilirisasi Gas Bumi di KEK Arun
Erick Thohir Ingin Kereta Barang Tembus dari Kuala Tanjung ke KEK Sei Mangkei
Menko Airlangga Sebut Perusahaan Belanda akan Kembangkan Bisnis di KEK Sei Mangkei
Erick Thohir Harap KEK Kesehatan di Sanur Bisa Bangkitkan Pariwisata Bali
Dukung Gelaran MotoGP, PLN Rampungkan Pembangunan GIS Pertama di NTB

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini