Pemerintah Dituntut Beri Solusi Atasi Lonjakan Inflasi Akhir Tahun

Kamis, 15 November 2018 13:31 Reporter : Dwi Aditya Putra
Pemerintah Dituntut Beri Solusi Atasi Lonjakan Inflasi Akhir Tahun Pasar tradisional. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) meminta pemerintah untuk mewaspadai harga bahan pangan menjelang akhir tahun. Sebab, inflasi Desember biasanya kerap terkerek seiring dengan kenaikan harga dari beberapa komoditas pangan.

Wakil Direktur INDEF, Eko Listiyanto, mengatakan penyebab utama inflasi pangan di akhir tahun umumnya terjadi pada momentum Natal dan Tahun Baru. Sedangkan, yang diperlukan masyarakat adalah kepastian akan stabilnya harga-harga komoditas.

"Setiap menjelang akhir tahun sering kali harga pangan mengalami lonjakan. Oleh karena itu, harus ada keseriusan dari pemerintah untuk memutus siklus dan mencari solusi agar harga pangan di akhir tahun terkendali," kata Eko dalam sebuah diskusi yang digelar di Jakarta, Kamis (15/11).

Eko menegaskan pemerintah maupun para pengambil kebijakan tidak dapat terus berlindung dengan alasan kedua momen tersebut. Pemerintah, kata dia, harus menekan serta menstabilisasikan harga pangan guna menjaga inflasi agar tetap kendali.

Di sisi lain, capaian inflasi volatile food (barang bergejolak) di Oktober 2018 yang tercat sebesar 0,17 persen secara month to month tidak cukup menjadi indikasi stabilnya harga pangan hingga prnghujung tahun. Justru, biasanya volatile food di bulan Oktober cenderung deflasi.

Sementara, apabila dilihat dari perbandingan inflasi bulanan yang terjadi pada Desember selalu mengalami peningkatan secara month to month. Misalnya saja pada 2017 lalu terjadi inflasi sebesar 2,46 persen.

"Memasuki November, inflasi barang bergejolak akan meningkat dan kembali menurun di Januari. Hal ini berpotensi besar terulang kembali di akhit tahun 2018 sehingga perlu dilakukan antisipasi agar lonjakannya tidak terlalu tinggi," pungkasnya. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini