Pemerintah Diminta Hati-Hati dan Konsisten Jaga Defisit Anggaran

Rabu, 2 September 2020 11:15 Reporter : Dwi Aditya Putra
Pemerintah Diminta Hati-Hati dan Konsisten Jaga Defisit Anggaran investasi. shutterstock

Merdeka.com - Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Said Abdullah meminta pemerintah berhati-hati dan konsisten terhadap defisit anggaran dengan memanfaatkan sumber-sumber pembiayaan yang aman, prudent, dikelola secara berkelanjutan. Ini penting dilakukan agar rasio utang tetap terjaga dalam batas aman. Sehingga risiko biaya yang harus ditanggung pemerintah ketika mengambil kebijakan lebih kecil dan rasional.

"Sebagai konsekuensi dari besarnya kebutuhan keekonomian tahun 2020 - 2021 serta upaya penguatan pondasi perekonomian maka kebijakan makro fiskal 2021 dirumuskan sebagai kebijakan fiskal ekspansif konsolidatif, yang terarah, terukur, dengan tetap menjaga agar defisit anggaran mencukupi kebutuhan pemulihan ekonomi," ujar Said di Jakarta, Rabu (2/9).

Said menambahkan, dalam menghadapi pandemi Covid-19, bangsa Indonesia harus tetap fokus mempersiapkan diri dalam menghadapi segala kemungkinan yang terjadi pada tahun 2021.

"Salah satu persiapan yang harus kita miliki adalah mempercepat pemulihan ekonomi nasional secara efektif, inovatif dan produktif. Kami mengapresiasi langkah Pemerintah untuk tetap melanjutkan akselerasi program pemulihan ekonomi nasional yang sudah dimulai pada tahun 2020 ini," jelas dia.

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati memberikan jawaban atas pandangan dari beberapa fraksi mengenai defisit Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan pembiayaan utang di 2021. Hal itu dia sampaikan dalam rapat Paripurna di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

"Perihal defisit dan pembiayaan utang dapat kami sampaikan bahwa dampak krisis kesehatan kepada perekonomian membuat banyak negara melakukan berbagai langkah kebijakan extraordinary, termasuk Indonesia," kata Sri Mulyani, Selasa (1/9).

Baca Selanjutnya: Defisit Melebar...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini