Pemerintah Diminta Beri Dukungan Lebih ke Pengusaha Ikan Hias

Minggu, 1 Desember 2019 14:00 Reporter : Dwi Aditya Putra
Pemerintah Diminta Beri Dukungan Lebih ke Pengusaha Ikan Hias Direktur Utama Nusatic Sugiarto Budiono. ©2019 Merdeka.com/Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Pameran dan kontes ikan terbesar se-Asia bertajuk Nusantara Aquatic (Nusatic) 2019 kembali digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tanggerang. Pameran ini tak hanya diikuti oleh sejumlah pecinta ikan dalam negeri namun juga diikuti oleh beberapa negara luar Indonesia.

Direktur Utama Nusatic, Sugiarto Budiono mengungkapkan, pameran ikan hias berskala besar ini menjadi agenda rutin yang digelar setiap tahunya. Mengingat potensi sumber daya ikan hias yang ada di Indonesia sendiri cukup potensial.

"Ada sekitar 1.500 jenis ikan ada di Indonesia. Tapi Indonesia tidak memiliki pameran sekala Internasional. Teman-teman ingin ada pameran bersama. Kita gabung buat pameran dari komunitas, ada lomba dan kontes. Saya berpikir bagaimana jadi besar saya liat kalau kita bikin pameran bersama, otomatis jadi terbesar di dunia," kata dia saat ditemui di lokasi, Minggu (1/12).

Di samping itu, dirinya juga meminta bentuk dukungan lebih terhadap pemerintah agar pameran ke depannya dapat berjalan dengan baik. Sebab, tanpa dukungan pemerintah dirasa cukup berat.

"Kita juga minta dukungan dana dari pemerintah untuk sewa gedung. Bukan hanya kebijakan dari ikan hias kemudian pendanaan gedung," katanya.

Tak hanya itu persoalan lain yang dirasa perlu adalah masalah izin. Menurutnya, banyak para pelaku usaha ikan hias yang hingga kini masih mengeluhkan masalah izin diberikan pemerintah. Utamanya adalah tumpang tindih izin di Kementerian Lembaga yang kemudian itu dirasa menyulitkan.

Baca Selanjutnya: Ekspor Perdana Benih Ikan Hias...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Perikanan
  3. Ekonomi Indonesia
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini