Pemerintah Beri Subsidi Premi Asuransi untuk Petani dan Peternak

Rabu, 18 November 2020 17:22 Reporter : Anisyah Al Faqir
Pemerintah Beri Subsidi Premi Asuransi untuk Petani dan Peternak Menteri Keuangan Sri Mulyani. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Dalam rangka memberikan kepastian pendapatan petani saat musim, pemerintah memberikan subsidi premi asuransi pertanian sebesar 80 persen. Setiap hektar yang diasuransikan petani di setiap musim, pemerintah mensubsidi Rp144 ribu.

"Bantuan premi untuk partisipasi asuransi pertanian 80 persen untuk Rp144 ribu per hektar per musim tanam," kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani dalam acara Jakarta Food Security Summit-5 pada Sesi II: Memaksimalkan Potensi Pasar Domestik, Jakarta, Rabu (18/11).

Adapun nilai tanggungan yang diterima petani dalam asuransi ini sebesar Rp6 juta per hektar untuk satu musim tanam. Bantuan premi asuransi ini kata Sri Mulyani dibayarkan pemerintah untuk menjaga kepastian pendapatan petani.

Pemerintah juga telah memberikan subsidi pupuk sebesar Rp29,7 triliun atau 8,9 juta ton. Angka ini kata Sri Mulyani meningkat dibandingkan subsidi pupuk yang diberikan tahun 2019 lalu.

"Kenaikan subsidi pupuk akan tetap sesuai target dan tentu ditujukan ke petani yang butuh subsidi pupuk," kata dia

Selain petani, pemerintah juga memberikan bantuan premi kepada peternak sapi dan kerbau. Setiap ekornya pemerintah memberikan bantuan premi sebesar Rp160 ribu dengan nilai tertanggungnya Rp10 juta per ekor.

"Untuk sapi dan kerbau premi Rp160 ribu per ekor dengan nilai tertanggungnya Rp10 juta," kata dia.

Baca Selanjutnya: Jaga Kesejahteraan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini