Pemerintah bakal revitalisasi 6 pasar hingga akhir 2018

Senin, 20 Agustus 2018 12:32 Reporter : Merdeka
Pemerintah bakal revitalisasi 6 pasar hingga akhir 2018 Enggartiasto Lukita. ©2018 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyampaikan, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan merevitalisasi sekitar 6 pasar hingga akhir 2018. Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) terkait pembenahan infrastruktur yang diserahkan kepada ahlinya.

"Ini adalah bentuk kerja sama antar sesama Kementerian/Lembaga, saya memohon kepada presiden untuk minta bantuan semua pembangunan kepada kementerian PUPR. Karena pasti akan lebih baik, lebih cepat dan lebih efisien dan mengawali Inpres," ungkapnya di Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (20/8).

Dia menambahkan, pelaksanaan Inpres tersebut akan diawali untuk dua pasar yakni Pasar Atas di Bukittinggi dan Pasar Johar di Semarang. Selanjutnya, proyek revitalisasi akan terus bergulir untuk berbagai pasar besar dan kecil lainnya.

"Pasar besar dan kecil, semuanya. Nanti kita serahkan kepada Kementerian PUPR bagaimana mekanismenya untuk melakukan itu. Masih ada enam lagi yang mau direvitalisasi sampe akhir taun, tapi nanti kita liat," sambungnya.

Sebagai informasi, total pengerjaan kedua pasar awal tersebut menghabiskan dana sekitar Rp 438 miliar. Dengan rincian, Pasar Atas Bukittinggi sebesar Rp 292 miliar dan Pasar Johar Semarang Rp 146 miliar.

Pasar Atas dilaksanakan kontrak tahun jamak 495 hari secara KSO oleh PT Brantas Abipraya dan PT Penta Rekayasa dengan target kelar 27 Desember 2019. Sementara Pasar Johar dikerjakan secara kontrak tahun jamak 480 hari dengan pelaksana PT Nindya Karya (Persero) Tbk Wilayah II, dengan target rampung 8 Desember 2019.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini