Pemerintah Bakal Libatkan Startup Dorong Digitalisasi UMKM

Senin, 3 Oktober 2022 19:51 Reporter : Merdeka
Pemerintah Bakal Libatkan Startup Dorong Digitalisasi UMKM Ilustrasi startup. © CBC

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki menegaskan akan mengajak pelaku startup digital untuk mendorong program digitalisasi UMKM. Untuk itu, pihaknya menyelenggarakan Pahlawan Digital 2022 yang akan mengkurasi sekitar 20 perusahaan rintisan.

Ke depannya, setelah dilakukan inkubasi, pendampingan, dan kurasi, Kemenkop UKM akan menggandeng startup terpilih guna mendorong akses digital UMKM. Dia percaya diri target 30 juta UMKM onboarding di 2024 bisa tercapai.

"Yang pertama nanti ada kolaborasi dengan Kementerian koperasi, kami akan melibatkan mereka dalam program digitalisasi UMKM dan koperasi," ujarnya usai mengisi acara Pahlawan Digital UMKM 2022, di M-Bloc Space, Senin (3/10).

Menurutnya, perusahaan rintisan digital ini memiliki peluang besar dalam segi bisnis, seperti adanya potensi menarik investor guna pengembangan kedepannya. "Kami ingin platform digital ini semakin banyak dan ini akan sangat positif bagi UMKM untuk mengakses pasar, mengakses pembiayaan modernisasi bisnis proses mereka dan seperti itu," tambahnya.

Sementara itu, Staf Khusus Milenial Presiden Putri Tanjung mengungkap, 20 startup digital yang terpilih saat ini punya tugas lebih besar pasca adanya inkubasi dan pendampingan. Utamanya dalam menyasar akses ke UMKM.

Dia menuturkan, pasca inkubasi, startup akan menentukan target menggandeng UMKM dalam periode tertentu. Kemudian, evaluasi tingkat penyebaran aksesnya itu akan dilakukan setiap bulan.

"Jadi Pahlawan Digital ini ada KPI nya, adalah keluar dari Pahlawan Digital harus berkontribusi untuk lebih banyak lagi UMKM dan setiap bulannya akan kita tagih nih lebih banyak berapa UMKM yang bertambah dan dibantu," terangnya.

"Itu secara bootcampnya, 20 besar sudah terpilih, akan ada intens bootcamp dari praktisi, dan dari expert dan ada intens discuss dengan Kemenkop UKM, apa saja yang bisa dibantu dan kolaborasikan, dan di situ akan dipih 10 besar, bisa pitching didepan semua, ada venture capital, kementerian lain juga, dan ada swasta untuk bisa kolaborasi dan bantu Pahlawan Digital ini agar banyak lagi UMKM yang dibantu," kata dia menerangkan.

Reporter: Arief Rahman H.

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Perkuat UMKM, Pengusaha Diminta Transfer Pengetahuan dan Teknologi
Terbuat dari Kulit Ceker Ayam, Intip Keunikan Sepatu Buatan Warga Bandung Ini
Ikut Arahan Erick Thohir, UMKM Batik Binaan Pupuk Indonesia Bisa Ekspor Sampai ke AS
Jokowi Ingatkan Pengusaha Jangan Bangun Pabrik Tapi Lingkungan Sekitar Masih Miskin
Sandiaga Uno: Penguatan UMKM Bisa Atasi Resesi di Indonesia
Proses Ribet, UMKM Enggan Manfaatkan KUR Perbankan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini