Pemerintah akan Uji Klinis Vaksin Merah Putih ke Manusia

Rabu, 15 September 2021 16:56 Reporter : Merdeka
Pemerintah akan Uji Klinis Vaksin Merah Putih ke Manusia Uji Klinis Vaksin Merah Putih. ©2021 Merdeka.com/Arief Rahman

Merdeka.com - Pemerintah tengah menggenjot produksi vaksin merah putih. Direktur Jenderal Industri Kimia Farmasi dan Tekstil (IKFT) Kementerian perindustrian, Muhammad Khayam mengatakan, uji klinis kepada manusia akan dilakukan dalam waktu dekat.

Mengacu pada timeline progres pembuatan vaksin merah putih oleh Universitas Airlangga dan PT Biotis Pharmaceutical Indonesia, uji praklinis tahap satu sudah selesai dilakukan.

"Sekarang sedang dilakukan uji pra-klinis tahap kedua pada hewan uji Macaca, pelaksanaan uji klinis pada manusia juga akan dimulai dalam waktu dekat," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII, DPR RI, Rabu (15/9/2021).

Dengan capaian tersebut, dia berharap pada Januari 2022 mendatang proses uji klinis bisa masuk pada tahap tiga. Selanjutnya bisa masuk pada tahap registrasi, scale up produksi massal, hingga komersial.

Mengacu pada roadmap yang ditampilkan Khayam, pembuatan vaksin merah putih ini melalui beberapa tahapan. Pertama, pada kuartal I 2021, melakukan upscaling prototype, kmudian kuartal II 2021 masuk pada ranah uji pra-klinis.

Selanjutnya kuartal III-IV 2021, memasuki uji klinis yang mencakup tiga fase, pada tahap ini juga dilakukan pendampingan dan pengajuan EUA BPOM. Lalu, pada kuartal II-IV 2022, masuk pada tahap registrasi, dilanjutkan scale-up produksi massal di kuartal IV 2022, dan diharapkan bisa mengarah pada sektor komersial.

Pada pengembangan vaksin merah putih ini menggunakan isolat virus dari Indonesia. Artinya proses pembuatan bibit vaksinnya diambil dari sampel yang ada di indonesia dan mengacu pada virus yang menular di Indonesia.

"Jadi lebih cocok dan efektif bagi indonesia," katanya.

Dia menekankan ada beberapa poin penting dalam pengembangan vaksin merah putih ini. Diantaranya kecepatan, kefektifan, dan kemandirian untuk kemaknaan Indonesia yang lebih baik dan mendukung kemandirian nasional dalam pencegahan Covid-19.

Baca Selanjutnya: Universitas Lain...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini