Pemerintah akan Percepat Pembangunan Pelabuhan Patimban

Selasa, 22 September 2020 10:07 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Pemerintah akan Percepat Pembangunan Pelabuhan Patimban Presiden Joko Widodo. YouTube @Sekretariat Presiden ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan untuk mempercepat Proyek Strategis Nasional (PSN) Pelabuhan Patimban di kabupaten Subang, Jawa Barat. Dia berharap pelabuhan ini bisa menjadi komplementer dengan 28 pelabuhan lainnya.

"Diharapkan langkah konsolidasi ini akan mempercepat pertumbuhan sentral-sentral ekonomi regional dan juga memberikan kecepatan pelayanan di bidang logistik membuat produk-produk ekspor kita semakin efisien dan semakin kompetitif," kata Jokowi dalam pembukaan Ratas Percepatan Proyek Strategis Nasional Patimban, di Istana Bogor, Selasa, (22/9).

Dia juga berharap jika pelabuhan Patimban selesai terbangun, di segitiga kawasan pertumbuhan ekonomi yakni pelabuhan Patimban, kemudian airport Kertajati, dan kawasan di Bekasi, Karawang dan Purwakarta sebagai sebuah kawasan Industri saling terkoneksi saling mendukung satu dengan yang lain. Sehingga memiliki daya saing terutama untuk produk-produk ekspor dan lebih khusus lagi di bidang otomotif.

"Kita harapkan pelabuhan Patimban ini memiliki peran yang penting dan strategis dalam pertumbuhan dan dikembangkan saling mengisi dengan Tanjung Priok, komplementer bukan kompetitor," imbuhnya.

Selain itu, dia juga menginginkan agar pelabuhan ini bisa menjadi super koridor ekonomi Indonesia. Mengingat, Pelabuhan Patimban sudah tersambung dengan jalan tol.

"Kita sudah beberapa kali menyampaikan bahwa pantai utara Jawa yang sudah tersambungkan dengan jalan tol harus menjadi super koridor ekonomi kita, karena fasilitas-fasilitas infrastruktur sudah relatif lebih siap," ujar Jokowi.

Dia mengingatkan agar pembangunan pelabuhan Patimban juga memperhatikan dampak sosial ekonomi bagi nelayan. "Jadi tolong dilihat betul kalau memerlukan dukungan sarana dan prasarana untuk kapal, misalnya bagi para nelayan yang terdampak, KKP bisa memberikan bantuannya kepada para nelayan," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Soft Launching...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini