Pemerintah ajak Finlandia investasi kembangkan EBT

Selasa, 9 Oktober 2018 12:05 Reporter : Merdeka
Pemerintah ajak Finlandia investasi kembangkan EBT Ignasius Jonan. Fikri Faqih©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, pemerintah telah ‎menargetkan porsi energi baru terbarukan (EBT) dalam bauran energi sebesar 23 persen pada 2025. Untuk mencapai target tersebut menjadi tantangan bagi pemerintah.

"Kami berusaha mencapai setidaknya 23 persen bauran energi, kami terus melakukan untuk mencapai," kata Jonan, saat membuka forum bisnis Indonesia Findlandia, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (9/10).

‎Sebagai negara yang berpengalaman dalam mengembangkan EBT, Jonan pun membuka kesempatan ke pengusaha Finlandia untuk berinvestasi mengembangkan EBT di Indonesia.
Jonan menyebutkan, salah satu potensi EBT di Indonesia adalah pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

"Solar PV (PLTS) sangat baik, karena Indonesia adalah negara kepulauan. Silahkan jika ingin mengikuti proses tender," tuturnya.

Selain investasi dalam sisi pengembangan EBT, Jonan pun mengajak perusahaan penyedia jasa keuangan Finlandia, untuk menyediakan pinjaman pengembangan EBT di Indonesia dengan paket bunga pinjaman yang terjangkau.‎ Dia juga mengajak Finlandia melakukan transfer ilmu pengembangan EBT.

"Kami akan minta perusahaan menawarkan paket pertukaran pendidikan agar bisa belajar," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini