Pembebasan visa, Rizal Ramli klaim lebih cepat ketimbang SBY

Sabtu, 3 Oktober 2015 13:05 Reporter : Saugy Riyandi
Pembebasan visa, Rizal Ramli klaim lebih cepat ketimbang SBY Rizal Ramli. ©2015 Merdeka.com/efrimal bahri

Merdeka.com - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli membanggakan kemampuannya bisa memutuskan pembebasan visa turis dari 45 negara dalam sekejap.

"Saya baru jadi menteri tujuh minggu sudah bebaskan visa kunjungan 45 negara dalam waktu 20 menit. Dulu zaman pemerintahan SBY itu enam hingga tujuh kali rapat tapi tidak pernah ada putusan," ujar Rizal saat acara Tribute to Batik Indonesia, Jakarta, Sabtu (3/10).

Dia menegaskan pemerintah telah menyeleksi negara-negara yang bakal mendapatkan visa. Salah satu syaratnya, negara tersebut tak terlibat kartel narkotika dan radikalisme

"Saya tanya ke para deputi dan Menteri Pariwisata Arief Yahya, kira-kira kapan bisa beres? Mereka bilang akhir tahun. Saya bilang ini tidak bisa, November sudah musim liburan. Saya minta Oktober harus beres. Kalau tidak saya kepret semua," kata dia.

Pembebasan visa tersebut bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tanah Air. Ditargetkan bisa mencapai 20 juta orang wisatawan pada 2019 atau naik 100 persen dari tahun ini yang hanya mencapai 10 juta orang per tahun.

"Sehingga ada peningkatan tenaga kerja dari 3 juta jadi 7 juta. Itu sektor paling murah yang mampu ciptakan lapangan pekerjaan," pungkas dia. [yud]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini