Pembebasan Lahan Tol Betung-Jambi Ditarget Tuntas Juni 2021

Jumat, 5 Februari 2021 22:00 Reporter : Idris Rusadi Putra
Pembebasan Lahan Tol Betung-Jambi Ditarget Tuntas Juni 2021 Tol Trans Sumatera. Istimewa ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Satuan tugas (satgas) pembebasan lahan Jalan Tol ruas Betung (Simpang Sekayu, Musi Banyuasin)-Tempino-Jambi menargetkan kebutuhan terpenuhi lahan seluas 1.106 hektare terpenuhi paling lambat Juni 2021.

Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin, Apriyadi mengatakan, target itu agar proyek strategis nasional tersebut dapat melakukan pekerjaan konstruksi pada 2021.

"Jika penyediaan lahannya cepat, maka target 2022 sudah operasional bisa terwujud," kata Apriyadi dikutip dari Antara, Jumat (5/2).

Ruas tersebut akan melintasi wilayah Muba sepanjang 131 kilometer di Kecamatan Lais, Babat Supat, Keluang, Tungkal Jaya, Sungai Lilin, dan Bayung Lencir serta melewati delapan perusahaan yakni PT Medco, PT Babat Agung Mandiri, PT Sentosa Mulia, PT Bumi Persada, PT Argo Bumi Lestari, PT Batu Rona Adi Mulia, PT Hindoli dan PT Sawit Mas.

Untuk mendukung pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera tersebut, Pemkab Muba sudah meningkatkan kemantapan sejumlah ruas jalan yang akan terhubung dengan exit tol (pintu keluar) Jalan Tol Trans Sumatera pada ruas Betung (Sp. Sekayu)-Tempino -Jambi sepanjang 191 Kilometer.

Peningkatan jalan sudah dilakukan di jalan Sukarami-Simpang Sari-Tanah Abang-Saud-Selabu- Dawas-Berlian Makmur (C2) sepanjang 23,315 kilometer.

Jalan ini merupakan salah satu ruas jalan strategis kabupaten yang menghubungkan dua ruas jalan nasional yaitu jalan negara Sekayu-Mangun Jaya-Lubuk Linggau dan jalan negara Betung - Sungai Lilin-Jambi.

"Ruas jalan Sukarami-C2 ini diharapkan menjadi ruas jalan yang terhubung langsung dengan rencana exit tol Betung-Jambi," kata dia.

Baca Selanjutnya: Exit Tol Terkoneksi Industri...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini