Pembebasan Lahan Rampung, Pembangunan Tol Cisumdawu Target Selesai Akhir 2021

Senin, 7 September 2020 21:14 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Pembebasan Lahan Rampung, Pembangunan Tol Cisumdawu Target Selesai Akhir 2021 Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Pantau Pengerjaan Tol Cisumdawu. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menargetkan konstruksi Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 61 kilometer (Km) di Jawa Barat rampung seluruhnya pada akhir 2021. Berdasarkan laporan, saat ini masalah pembebasan lahan sudah teratasi.

Menteri PUPR mengapresiasi semua pihak yang terus berkoordinasi dan berupaya keras untuk mempercepat pembebasan lahan yaitu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang, Pemkab Majalengka, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kepolisian Daerah, Kejaksaan Tinggi, Mahkamah Agung, dan instansi terkait lainnya.

"Sehingga saya optimis konstruksi semuanya rampung pada akhir 2021, karena konstruksi dapat berjalan cepat jika lahan sudah tersedia," kata Menteri Basuki seperti dikutip dari Antara di Jakarta, Senin (7/9).

Tol Cisumdawu dibangun dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Dari enam seksi, Seksi 1 dan 2 yang dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari Viability Gap Fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut dan Seksi 3-6 dikerjakan oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKTJ) selaku investor.

2 dari 2 halaman

Proses Pembangunan

pembebasan lahan rampung, pembangunan tol cisumdawu target selesai akhir 2021

Berdasarkan data, untuk progres pembebasan lahan pada Seksi 1 Cileunyi-Rancakalong sepanjang 10,57 km sudah mencapai 92,5 persen dan progres konstruksi 58,56 persen.

Seksi 2 sepanjang 17,05 km Fase I dari Rancakalong-Ciherang sudah selesai tahun 2017 dan Fase II Ciherang-Sumedang pembebasan lahannya mencapai 95,5 persen dan untuk konstruksi sudah 85,46 persen.

Sementara Seksi 3 hingga Seksi 6 yang menghubungkan Sumedang-Cimalaka-Legok-Ujung Jaya-Dawuan sepanjang 32,65 km dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dengan nilai investasi Rp8,41 triliun.

Berdasarkan data untuk Seksi 3 dari Sumedang ke Cimalaka 4,05 km yang dikerjakan BUJT saat ini konstruksinya telah rampung 100 persen.

Selanjutnya tinggal pembangunan Seksi 4-6 yang saat ini mulai pekerjaan site clearing dan dijadwalkan selesai 14 bulan ke depan pada November 2021.

[bim]

Baca juga:
Pembangunan Tol Trans Sumatra-Cisumdawu Belum Rampung, Ini 4 Perintah Jokowi
Masih Dibangun, Operasional Tol Cisumdawu Mundur Jadi September 2021
Jokowi Keluhkan Proyek Tol Cisumdawu Terhambat Karena Pembebasan Lahan
Percepat Pembangunan Tol Cisumdawu, Pemerintah Tambah Pendanaan Kontraktor Lokal
Indahnya Tol Cisumdawu, di Atasnya Ada Jalan Berkelok dan Tembus Gunung
Pemerintah Target Tol Cisumdawu Berfungsi Operasional Lebaran 2020
Tol Cisumdawu Bakal Miliki Terowongan Terpanjang di Indonesia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini