Pembangunan Tol Serang-Panimbang Seksi 2 dan 3 Ditargetkan Rampung 2023

Selasa, 16 November 2021 10:37 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Pembangunan Tol Serang-Panimbang Seksi 2 dan 3 Ditargetkan Rampung 2023 Peresmian Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1. ©Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pembangunan Tol Serang-Panimbang seksi 2 dan 3 akan rampung pada 2023. Hal tersebut seiring dengan Jalan Tol Serang - Panimbang Seksi 1- Ruas Serang - Rangkasbitung, Kabupaten Lebak diresmikan yang sudah diresmikan Selasa(16/11) hari ini.

"Nanti akan dilanjutkan dengan seksi 2 yaitu Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24 kilometer dan Cileles-Panimbang sepanjang 33 km yang InsyaAllah akan dituntutaskan di akhir 2023 akan selesai," kata Jokowi dalam siaran akun Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (16/11).

Jokowi berharap dengan adanya pembangunan tersebut dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Mantan Gubernur DKI Jakarta pun yakin perekonomian di Provinsi Banten dapat meningkat.

"Sekali lagi adalah faktor penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Saya yakin ini menjadi pengungkit ekonomi di provinsi banten khususnya terutama di sekitar jalan tol ini yaitu kabupeten lebak dan kabupaten pandeglang," ungkapnya.

Pembangunan Tol Serang-Panimbang dikerjakan melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) dengan total nilai investasi sebesar Rp8,58 triliun. Untuk Seksi 1 dan 2 menjadi porsi BUJT PT Wijaya Karya Serang Panimbang dan Seksi 3 bagian pemerintah.

Kehadiran Tol Serang-Panimbang diharapkan mendukung pengembangan ekonomi Banten bagian tengah, selatan, dan utara, yang berdekatan dengan DKI Jakarta.

Selain itu, Tol Serang-Panimbang akan memberikan kemudahan dan efisiensi waktu perjalanan seperti dari Jakarta menuju obyek wisata Tanjung Lesung yang sebelumnya membutuhkan waktu tempuh hingga lima jam menjadi sekitar 2-3 jam dengan kecepatan rata-rata 100 km/jam. [azz]

Baca juga:
Jokowi
Jokowi
Erick Thohir: Proyek Kereta Cepat Perlu Waktu Panjang untuk Balik Modal
KSP: Pengembangan KEK Mandalika Berdayakan Masyarakat Lokal
Tokoh Papua: Mimika seperti Anak Tiri, Tak Pernah Rasakan Pembangunan
Banjir Kritik, Ini Fakta di Balik Pembangunan Lapangan Golf Jember Senilai Rp5 Miliar
PP Presisi Incar Kontrak Baru Rp6 Triliun di 2022

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini