Pembangunan PLTU Cilacap Serap 5 Juta Tenaga Kerja

Senin, 25 Februari 2019 13:40 Reporter : Merdeka
Pembangunan PLTU Cilacap Serap 5 Juta Tenaga Kerja Jokowi Resmikan PLTU Cilacap. ©Liputan6.com/Lizsa Egeham

Merdeka.com - Kehadiran dua Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kabupaten Cilacap membuka lapangan pekerjaan baru untuk 5 ribu tenaga kerja di bidang kelistrikan.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PT PLN (Persero), Amir Rosidin mengatakan, PLTU Cilacap Ekspansi Tahap I yang baru saja diresmikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kini telah mampu menarik sebanyak 800 tenaga kerja.

"PLTU Cilacap (Ekspansi Tahap I) kalau beroperasi sudah berhasil menyerap tenaga kerja hingga 800 orang," jelas dia di Cilacap, Jawa Tengah, Senin (25/2).

Sebagai informasi, pembangkit dengan kapasitas 1x660 Mega Watt (MW) ini dikembangkan oleh anak perusahaan PLN yakni PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) bersama PT Sumber Segara Primadaya (S2P).

Pasca PLTU Cilacap Ekspansi Tahap I resmi beroperasi, akan ada satu proyek pembangkit lain yang akan segera rampung, yakni PLTU Cilacap Ekspansi Tahap II.

"Target operasi proyek ini semula Agustus 2020, dipercepat menjadi September 2019. Namun saat ini berhasil selesai keseluruhan di awal 2019 dan tengah dalam tahap uji coba mesin," jelasnya.

Adapun PLTU Cilacap Ekspansi Tahap II ini memiliki kapasitas 1x1.000 MW, dan dikembangkan bersamaan oleh PLN dan PT Sumber Segara Primadaya (S2P).

Amir mengatakan, jumlah pekerja yang terserap di PLTU ini mencapai 4.200 orang. Sehingga total tenaga kerja yang ditarik oleh pengelola dua pembangkit baru ini mencapai 5 ribu orang.

Selain itu, para pekerja itupun sebelumnya telah dididik oleh tenaga ahli dari China untuk dapat mengoperasikan PLTU secara mandiri. Namun demikian, masih ada beberapa tenaga ahli ekspatriat yang kini menetap di Cilacap untuk mengamati kinerja pada masa awal operasi, dan secara angka terhitung tidak banyak. "Jumlah keseluruhannya masih di bawah 100 orang," pungkasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini