Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Solo Ditargetkan Rampung April 2024

Minggu, 27 November 2022 11:33 Reporter : Sulaeman
Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Solo Ditargetkan Rampung April 2024 Jalur Ganda Solo-Sragen. ©2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan, pembangunan jalur rel ganda (double track) KA Solo - Semarang segmen Solo Balapan - Kalioso selesai pada april 2024 mendatang. Saat ini, progres pembangunan jalur ganda yang memiliki panjang 10 kilometer spoor (Km'sp) untuk tahap dua mencapai 38,52 persen per 25 November 2022.

"Per Agustus 2022, pembangunan rel ganda kereta api Solo Balapan – Kadipiro – Kalioso telah memasuki tahap dua, yakni pengerjaan substructure jembatan dengan rangka baja (pondasi dan tiang penyangga jembatan utama sepanjang 270 meter). Pengerjaan akan memakan waktu enam bulan mulai Agustus 2022 hingga Februari 2023," kata Budi dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (27/11).

Selanjutnya, pada tahap tiga akan dilakukan pembangunan berupa erection bentang rangka baja direncanakan mulai dikerjakan pada bulan Februari hingga Juli 2023 dan dilanjutkan dengan erection bentang utama pada Agustus hingga Oktober 2023.

Selain itu juga dilakukan pembangunan Viaduk Gilingan di Jl. Ahmad Yani, Solo yang dilakukan Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang menyebabkan akan dilakukannya penutupan sementara. Pekerjaan ini akan meningkatkan batas ketinggian maksimal kendaraan yang melintas dari yang semula hanya 3,7 meter menjadi 4,2 meter.

Dengan ketinggian itu Viaduk Gilingan, Solo dapat dilalui bus besar dan akan memperlancar lalu lintas dari dan menuju ke Sheikh Zayed Grand Mosque yaitu replika Masjid megah yang ada di Uni Emirat Arab (UEA) yang dibangun di kota Solo.

"Kita harapkan pembangunan viaduk ini dapat diselesaikan pada Maret 2023 mendatang. Ini akan melancarkan masyarakat yang akan menuju ke Masjid maupun sebaliknya. Ini akan menjadi salah satu wisata religi yang menjadi daya tarik baru di kota Solo," ucap Menhub.

Dari 10 Km’sp, sepanjang 1,8 Km’sp dibangun rel kereta api layang (elevated), di atas 7 (tujuh) simpang perlintasan sebidang di Simpang Joglo, Solo yang terkenal dengan kemacetannya. Dengan dibangunnya rel layang ini diharapkan dapat mengatasi kemacetan yang selama ini terjadi

"Simpang Joglo adalah urat nadi pergerakan dari Jakarta melalui Solo ke Surabaya," kata Menhub

Dengan adanya pekerjaan ini, Kemenhub bersama Pemerintah Kota Solo telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi dampak kemacetan dari adanya pembangunan rel KA layang (elevated) Solo – Semarang di Simpang Joglo, Solo. [azz]

Baca juga:
Kembali Digunakan sebagai Angkutan Nataru, Ini Fakta Menarik KA Baturraden Ekspress
DAOP 6 Yogyakarta Siapkan 9 Kereta Api Tambahan Libur Nataru, Ini Daftarnya
Aksi Penumpang Ini Kocak, Kereta Terhenti Malah Jajan Tahu Bulat
KAI Pastikan Perjalanan Kereta Tak Terdampak Gempa Cianjur
Perubahan Operasional MRT Jakarta Selama PPKM Level 1
Tiket KA Jarak Jauh Periode Nataru 2022 Sudah Terjual 59.171

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini