Pembangunan Capai 83,5 Persen, LRT Jabodebek Ditargetkan Beroperasi di 2022

Rabu, 21 April 2021 11:09 Reporter : Anggun P. Situmorang
Pembangunan Capai 83,5 Persen, LRT Jabodebek Ditargetkan Beroperasi di 2022 Progres LRT Jabodebek Capai 80 Persen. ©2020 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Entus Asnawi Mukhson melaporkan, progres pembangunan LRT Jabodebek secara keseluruhan saat ini mencapai 83,5 persen. Dia memastikan LRT Jabodebek akan beroperasi pada pertengahan 2022.

"Insya Allah pertengahan tahun depan di 2022 LRT ini sudah mulai beroperasi," kata Entus dalam sesi webinar, Rabu (21/4).

Secara progres, pengerjaan LRT Jabodebek lintas 1 Cawang-Cibubur mencapai 93,7 persen, lintas 2 Cawang-Kuningan Dukuh Atas 82,7 persen, lintas 3 Cawang-Bekasi Timur 90,3 persen, dan Depo Bekasi Timur 100 persen pembebasan lahan.

Entus menyampaikan, pihaknya memang agak terlambat dalam pembangunan depo akibat masalah penguasaan lahan. Namun begitu, dirinya yakin secara fisik pembangunan LRT Jabodebek akan rampung pada Agustus-September 2021.

"Untuk Depo LRT itu akan dibayar secara turnkey. Sedangkan total pembayaran interim sebesar Rp 13,3 triliun," papar Entus.

Adapun sesi pengujian LRT Jabodebek akan dilakukan dalam pembagian waktu yang berbeda, dimana sebagian ada yang dilakukan dalam enam bulan, dan sebagian lainnya ada yang sembilan bulan.

"Untuk operasi, karena perlu pengujian sistem, signaling dan lain sebagainya, karena teknologi yang digunakan LRT Jabodebek ini driverless, masa ini agak panjang pengujiannya," ungkapnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini