KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Pembangunan 3 kawasan perbatasan ini habiskan Rp 3,8 T

Rabu, 14 Agustus 2013 17:19 Reporter : Novita Intan Sari
Jalan. wordpress.com

Merdeka.com - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mengungkapkan penyerapan dana infrastruktur terbesar di kawasan perbatasan di 12 provinsi yakni oleh provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Barat dan Papua. Sebab, tiga kawasan tersebut dinilai paling rumit dalam pengerjaannya.

Staf Ahli Menteri PU (SAMPU) IV Bidang Hubungan Antar Lembaga, Ruchyat Deni Djakapermana, mengatakan untuk membangun tiga kawasan tersebut pemerintah harus mengeluarkan dana sekitar Rp 3,8 triliun. Kalimantan menjadi daerah yang paling besar menyerap dana dibandingkan perbatasan di wilayah lain.

"Kalau dana contoh 2013 ini Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur sebesar Rp 2,7 triliun dari anggaran Rp 5,6 triliun atau sekitar 50 persen. Sedangkan Papua sekitar Rp 1,1 triliun atau sekitar 20 persen," ujarnya saat acara "Dukungan Infrastruktur PU dalam Membuka Keterisolasian Kawasan Perbatasan" di Kementerian PU, Jakarta, Rabu (14/8).

Dia menambahkan kendala yang sering dihadapi dalam program ini terletak pada tidak ada koordinasi dengan pembangunan antar sektor. "Terkadang sering tidak ada konektivitas sektor lain juga, ketika membangun jalan," jelasnya.

Dia mencontohkan, pembangunan jalan di Kalimantan Barat yang paling panjang dan rumit. "Jalannya itu atau spot-spotnya dari kanan ke kiri baru terealisasi 330 kilo meter dari total paketnya 450 kilo meter. Jadi ini masih lama lagi," tutup dia. [bmo]

Topik berita Terkait:
  1. Infrastruktur
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.