Pemanfaatan Ruang Laut Diharapkan Sesuai Sasaran

Selasa, 29 Maret 2022 11:18 Reporter : Merdeka
Pemanfaatan Ruang Laut Diharapkan Sesuai Sasaran Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. ©2021 Merdeka.com/Anisyah Yusepa

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, pembangunan ekonomi kelautan banyak yang memanfaatkan ruang laut. Sehingga pemanfaatan ekonomi laut dan sumber dayanya harus di bawah kontrol pemerintah.

"Kementerian Kelautan dan Perikanan memiliki komitmen kuat untuk memulihkan kesehatan laut dan mempercepat ekonomi laut yang berkelanjutan," kata Menteri Trenggono dalam Rakernas Pengawasan Penegakan Hukum di Bidang Kelautan dan Perikanan, Selasa (29/3).

Hal tersebut juga menjadi prioritas yang perlu ditertibkan oleh Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan untuk turut mengawal dan mengawasi kesesuaian pemanfaatan ruang laut. Selain itu, Ditjen PSDKP perlu juga memastikan bahwa pemanfaatan ruang untuk usaha pembudidayaan ikan sesuai dengan peruntukannya.

"Apabila seluruh kegiatan pemanfaatan ruang laut sesuai dengan peruntukan yang telah ditentukan, saya yakin akan terjadi keseimbangan antara ekologi dan ekonomi," imbuhnya.

Dalam menjaga ekonomi dan kesehatan laut, KKP memiliki strategi dengan mengembangkan tiga pilar ekonomi biru, yakni ekologi, ekonomi, dan faktor sosial. "Pilar-pilar utama tersebut menjadi dasar untuk menjaga kesehatan dan ketahanan laut dalam jangka waktu yang panjang," jelasnya.

KKP pun telah menyiapkan tiga program terobosan, yang implementasinya akan diakselerasi pada 2022. Pertama, penerapan kebijakan penangkapan terukur berbasis kuota di setiap wilayah pengelolaan perikanan untuk keberlanjutan ekologi, peningkatan PNBP dan kesejahteraan nelayan.

Kedua, pengembangan perikanan budidaya yang berorientasi ekspor dengan komoditas unggulan antara lain udang, kepiting, lobster, dan rumput laut. Ketiga, pembangunan kampung perikanan budidaya sesuai dengan kearifan lokal untuk pengentasan kemiskinan, sekaligus menjaga kepunahan komoditas yang punya nilai ekonomis tinggi.

"Untuk mencapai keberhasilan program tersebut, peran Direktorat Jenderal PSDKP sangat penting. Karenanya, saya meminta pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan harus menjadi benteng dalam mengawal seluruh terobosan Kementerian Kelautan dan Perikanan," tandasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
UU Cipta Kerja Jadi Senjata Pemerintah Awasi Sektor Kelautan dan Perikanan
KKP Tangkap 22 Kapal Ikan Ilegal di 6 Wilayah Perairan RI
Minyak Goreng Langka, Dirjen KKP: Ikan Tanpa Digoreng Lebih Sehat
KKP & Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan 130.300 Benih Lobster Rp13,19 Miliar
Manfaat Ikan Ekor Kuning, Ketahui Nutrisi dan Cara Memasaknya yang Benar
KKP Utamakan Nelayan Kecil dalam Kuota Penangkapan Ikan Terukur

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini