Pemakaian QR Code MyPertamina Cegah Penimbunan Pertalite dan Solar

Kamis, 30 Juni 2022 17:39 Reporter : Merdeka
Pemakaian QR Code MyPertamina Cegah Penimbunan Pertalite dan Solar Uji coba aplikasi MyPertamina. ©2022 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - PT Pertamina Patra Niaga menjamin, pembelian Pertalite dan Solar via QR Code MyPertamina bakal memitigasi tindak curang dalam membeli BBM subsidi di SPBU. Perusahaan telah menyiapkan sistem IT untuk membantu pencatatan, siapa saja konsumen yang berhak membeli BBM bersubsidi.

"QR Code ini pencegahan kecurangan-kecurangan subsidi BBM di lapangan. Sudah bisa dilihat sendiri, betapa banyak penyelewengan yang terjadi," kata Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, Kamis (30/6).

Terkait implementasi pemakaian MyPertamina, platform tersebut belum akan memfasilitasi pembelian Pertalite maupun Solar per 1 Juli 2022 besok. "Jadi registrasi baru dimulai besok, dengan catatan bahwa dalam proses pendaftaran itu pengisian BBM naik solar maupun pertalite masih bisa dilakukan seperti biasa," terangnya.

"Saya luruskan, jangan sampai beranggapan bahwa besok harus punya QR Code, kalau enggak ditolak. Saya katakan itu tidak benar," tegas Irto.

Proses pendaftaran sendiri dilakukan di tempat terpisah, yakni para situs subsiditepat.mypertamina.id. Baru setelahnya QR Code didapat konsumen setelah melakukan registrasi.

Aplikasi MyPertamina hanya digunakan sebagai salah satu platform pembayaran digital, bukan untuk tempat mendaftar. Setelah mendaftar, maka yang terekam oleh sistem sebagai penerima Pertalite maupun Solar yang berhak adalah kendaraannya, bukan individu pemiliknya.

"Jadi QR Code itu benar-benar melekat pada kendaraan, bukan yang bawa mobil. Karena yang bawa mobil itu bisa pindah-pindah. Tapi QR Code itu benar-benar melekat kepada kendaraan," tuturnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Menguji Coba Beli Pertalite Menggunakan Aplikasi MyPertamina
Pertamina soal Beli LPG 3 Kg Lewat MyPertamina: Tidak dalam Waktu Dekat
Pengendara Motor Belum Diwajibkan Beli Pertalite Pakai MyPertamina
Tak Punya Smartphone, Masyarakat Bisa Daftar MyPertamina Lewat SPBU Khusus
Tak Perlu Unduh Aplikasi MyPertamina, Beli Pertalite dan Solar Masih Bisa Bayar Tunai
Ini Syarat Dokumen Pendaftaran Beli Pertalite dan Solar di MyPertamina

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini