Peluang bisnis, kalau punya uang lebih baik bangun rumah sakit

Kamis, 26 Februari 2015 12:19 Reporter : Novita Intan Sari
Peluang bisnis, kalau punya uang lebih baik bangun rumah sakit Ilustrasi kamar rumah sakit. ©Shutterstock.com/VILevi

Merdeka.com - Untuk terjun menjadi seorang pengusaha, harus pandai-pandai melihat peluang dan potensi yang ada. Ketersediaan modal yang dimiliki seseorang bisa bermanfaat baik secara bisnis maupun sosial.

Seperti yang disarankan pemilik Grup Lippo, James Riady. Dia melihat, minimnya jumlah tenaga dan fasilitas kesehatan yang dimiliki Indonesia, bisa menjadi peluang bisnis sekaligus ikut membantu program pemerintah.

"Jadi sekarang terjadi suplai demand diperlukan, artinya kurang rumah sakit, tenaga kesehatan, dokter dan perawat," ujarnya di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (26/2).

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pendidikan dan Kesehatan ini menyarankan pebisnis yang memiliki modal lebih untuk memilih bisnis di industri kesehatan. Setidaknya, dengan menjalani bisnis kesehatan juga bisa membantu pemerintah melayani masyarakat dengan baik.

"Tidak ada dinamika yang besar di kesehatan, hanya pelayanan masyarakat. Kalau bisa, semua orang membangun rumah sakit, medical center. Kalau perlu punya anak jadi suruh dokter, perawat," jelasnya.

Minimnya jumlah tenaga kesehatan tidak lepas dari masih rendahnya peran swasta dalam pelayanan kesehatan pemerintah melalui badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Padahal, program BPJS ini sangat membantu masyarakat di daerah-daerah terpencil.

"BPJS ini besar sekali, jangan sampai ke bawa administrasi saja. Saya keliling daerah setiap minggu ke tempat di pojok melihat situasi di sana, bahwa BPJS berdampak luar biasa besar di kota kecil bagi individu. Orang tadinya tidak mampu akses pelayanan kesehatan, sekarang secara umum cukup lancar dan baik, mereka ada sebagian tidak mengerti kesehatan. Artinya dampaknya luar biasa sekali," ungkapnya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Inspirasi Wirausaha
  3. Wirausaha
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini