Peluang Bisnis Berpotensi Raup Cuan di 2022 Versi Ketua Kadin

Selasa, 25 Januari 2022 14:45 Reporter : Merdeka
Peluang Bisnis Berpotensi Raup Cuan di 2022 Versi Ketua Kadin Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid. Tira Santia ©2022 Liputan6.com

Merdeka.com - Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid memprediksi bisnis kuliner masih menjanjikan di tahun 2022. Baik melalui wisata kuliner maupun aplikasi online.

Berdasarkan analisa terhadap statistik pengeluaran penduduk per kapita Indonesia, sekitar 49 persen pengeluaran penduduk per kapita sebulan adalah untuk konsumsi makanan dan minuman.

"Hal ini menunjukkan prospek bisnis kuliner masih menjanjikan pada tahun 2022, baik melalui wisata kuliner maupun aplikasi online," kata Arsjad dalam Webinar Hipmi 'Momentum Presidensi G20 untuk Akselerasi Pemulihan Ekonomi' di Jakarta, Selasa (25/1).

Di sisi non konsumsi, bisnis properti diyakini masih terus tumbuh tinggi pada tahun 2022. Lantaran, kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal masih tinggi, baik melalui pembelian properti maupun sewa.

Kemudian, bisnis teknologi informasi dan komunikasi juga terlihat cukup memiliki prospek yang baik terutama di internet, pulsa serta ekspedisi logistik. Bisnis lain yang diprediksi tumbuh positif di tahun 2022 ini adalah bisnis aneka barang dan jasa bisnis pakaian jadi dan juga otomotif.

2 dari 2 halaman

Bidang Usaha

Sementara bidang usaha yang berprospek di tahun 2022, yang pertama adalah digital teknologi. Tahun 2022, tren digitalisasi pada layanan komersial dan Pemerintahan akan terus berlanjut. Tren ini paling banyak diperkirakan pada sektor e-commerce, pendidikan, kesehatan hingga fintech.

Kedua, sektor manufaktur, yang merupakan industri unggulan pemerintah pada tahun 2021 yang tetap tumbuh walaupun pada masa pandemi. Sektor ini banyak menyerap tenaga kerja pada Tahun 2022.

"Sektor ini diperkirakan akan tetap meningkat namun disertai berbagai rangsangan dan insentif dari pemerintah," ucapnya.

Namun ada beberapa tantangan di tahun 2022, Indonesia masih cukup rentan terhadap gelombang ketiga pandemi covid-19 seiring dengan meningkatnya mobilitas dan kebijakan.

Akselerasi program vaksinasi dan peningkatan protokol kesehatan secara simultan, masih menjadi kunci untuk mendorong pemulihan ekonomi dan meningkatkan prospek ekonomi Dalam jangka pendek.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Kadin Soal Merdeka Belajar: Banyak Pekerjaan Bakal Hilang Akibat Otomatisasi
Ini Bahan Pembahasan dalam Gelaran B20 2022
Pengusaha: Kesejahteraan Buruh Itu Dimensinya Banyak, Tak Hanya UMP Saja
Kadin dan Sejumlah Serikat Buruh Duduk Bersama Bahas Kesejahteraan Pekerja
Solusi Kadin Selesaikan Masalah Pasokan Batu Bara dan Minyak Goreng Mahal

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini