Pelonggaran Lockdown Beberapa Negara Percepat Pemulihan Ekonomi

Selasa, 15 September 2020 11:30 Reporter : Anisyah Al Faqir
Pelonggaran Lockdown Beberapa Negara Percepat Pemulihan Ekonomi Menko Airlangga. ©2020 Tebe/Humas Ekon

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan pelonggaran kebijakan penguncian wilayah (lockdown) di beberapa negara telah mempercepat pemulihan ekonomi global. Dampaknya, aktivitas ekonomi kembali bergerak.

"Beberapa kelonggaran lockdown telah mempercepat kegiatan ekonomi," kata Airlangga dalam sambutannya di acara Sarasehan Virtual 100 Ekonom: Transformasi Ekonomi Indonesia Menuju Negara Maju dan Berdaya Saing, Jakarta, Selasa (15/9).

Sejak Juni 2020, aktivitas manufaktur mulai bergerak naik. Hal ini seiring dengan pemulihan pasar modal dunia. "Secara keseluruhan global, kegiatan manufaktur sudah berkembang," imbuhnya.

Kabar baiknya, industri manufaktur di Indonesia sudah berada di level 50,8. Lebih tinggi dari beberapa negara di ASEAN yang masih di bawah 50. "Di ASEAN itu beberapa negara masih di bawah 50. Namun di Indonesia sudah masuk ke level di atas 50 atau 50,8," kata Politikus Partai Golkar ini.

Dilihat dari data tersebut Airlangga menyebut Indonesia sudah pulih dan berharap ini bisa terjaga. "Sehingga di Indonesia sudah pulih dalam tanda kutip dan kita berharap ini bisa terjaga," tandasnya.

Baca Selanjutnya: Pertumbuhan Ekonomi Minus 1 Persen...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini