Pelindo II incar 2 pelabuhan UPT Kemenhub

Rabu, 9 November 2016 16:18 Reporter : Novita Intan Sari
Pelindo II incar  2 pelabuhan UPT Kemenhub bongkar muat peti kemas. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - PT Pelindo II tengah mengincar pengelolaan dua pelabuhan milik Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Perhubungan. Nantinya skema pengelolaan pelabuhan tersebut dapat melalui sewa pakai atau bagi hasil.

Direktur Utama PT Pelindo II, Elvyn G Masassya mengatakan dua pelabuhan tersebut antara lain Pelabuhan Sintete di Kalimantan Barat dan Pelabuhan Agats, Papua.

"Kami sedang dalam proses hampir semua Pelindo I-IV akan mengelola pelabuhan tersebut, khusus untuk Pelindo II, Pelabuhan Sintete dan Agats," ujar Elvyn di Menara Bidakara, Jakarta, Rabu (9/11).

Sebagai langkah awal, perseroan terlebih dahulu akan melakukan pergantian alat-alat bongkar muat di dua pelabuhan tersebut. Untuk itu, perseroan akan bekerja sama dengan perusahaan jasa pelayaran dalam negeri.

"Kita akan lakukan peremajaan dengan alat-alat, sebagian akan ada kerjasama dengan shiping line agar cargo dan barang bisa datang lebih tinggi frekuensinya ke tempat tersebut," jelas dia.

Dengan memiliki dua pelabuhan tersebut, diharapkan akan mengurangi biaya logistik pelabuhan di Indonesia. Sehingga, dapat mempercepat rantai distribusi logistik ke pelabuhan.

"Distribusi barang akan lebih cepat masuk ke seluruh Indonesia, cost logistik bisa rendah dari sebelumnya," pungkasnya. [sau]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini