Pelatihan Kartu Prakerja Harus Fokus Peningkatan Kompetensi & Sesuai Kebutuhan Kerja

Selasa, 9 Juni 2020 16:37 Reporter : Merdeka
Pelatihan Kartu Prakerja Harus Fokus Peningkatan Kompetensi & Sesuai Kebutuhan Kerja Jokowi Kartu Prakerja. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Program kartu prakerja didesain sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan teknis masyarakat. Harapannya, masyarakat bisa mandiri di tengah lesunya perekonomian sebagai dampak pandemi covid-19.

Ekonom Senior, Raden Pardede mengatakan, program kartu prakerja cukup efektif di tengah situasi yang sulit sekarang, penekanannya lebih kepada bantuan sosial. Namun pasca pandemi, titik tekannya ada pada peningkatan kompetensi sehingga masyarakat diharapkan bisa mandiri secara ekonomi.

"Selain mendapatkan keterampilan teknis, saat covid-19, masyarakat bisa tertolong karena ada bantuan sebesar Rp600.000 per bulan selama 4 bulan setelah menyelesaikan pelatihan," kata Raden Pardede di Jakarta Selasa (9/6).

Sebagai ekonom independen, Pardede menilai standar materi pelatihan yang diberikan sangat baik. Masyarakat bisa memilih berbagai bentuk topik pelatihan sesuai dengan minat dan kemampuan teknis dasar masing-masing.

Di masa pandemi, pelatihan diberikan secara online namun usai covid-19 berlalu, program pelatihan tersebut akan dilaksanakan dengan tatap muka secara langsung. "Pelatihan dengan tatap muka langsung lebih relevan, mudah dipahami serta lebih mudah dalam masuk lapangan pekerjaan baru," saran Pardede.

Apakah peserta pelatihan prakerja ini otomatis akan terserap di dunia kerja nantinya?

Pardede mengatakan, kartu prakerja tidak bisa menjadi tumpuan satu-satunya.

"Harus ada kerja sama dengan dunia usaha. Peran Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Pendidikan juga penting dalam menyukseskan program kartu prakerja tersebut," katanya.

Baca Selanjutnya: Sasar Pendidikan SMA...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini