Pelaku Usaha dan UMKM Harus Bisa Adaptasi di Era New Normal

Rabu, 27 Mei 2020 18:41 Reporter : Merdeka
Pelaku Usaha dan UMKM Harus Bisa Adaptasi di Era New Normal UMKM. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - The new normal atau tatanan kehidupan baru menjadi kajian yang hangat saat ini. Satu sisi, banyak pihak yang ingin segera kembali beraktifitas seperti biasa dan kembali memulihkan diri dari imbas pandemi covid-19, termasuk bagi pelaku usaha.

Ketua Umum Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas), Bayu Priawan Djokosoetono mengatakan bahwa pelaku usaha harus mampu beradaptasi dengan cepat dalam situasi seperti ini.

"Para pelaku usaha di Indonesia, baik itu UMKM, perusahaan besar atau perusahaan kecil lainnya, harus mulai bisa beradaptasi. Mereka harus bisa mengupdate skill mereka untuk menghadapi krisis seperti sekarang," kata Bayu dalam video konferensi, Rabu (27/5).

Menurut Bayu, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan skill adalah dengan digitalisasi. Dengan digitalisasi, Bayu berharap dunia usaha di pedesaan bisa lebih maju dan unjuk gigi.

"Sekarang eranya sudah era digital. Tentu kita sangat berharap dari BUMDes agar digitalisasi ini dapat berjalan agar bisa menopang para pelaku usaha yang ada di pedesaan, dan juga berkontribusi kepada dunia usaha, karena sekarang saatnya desa ini unjuk gigi," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Konglomerasi Desa...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. The New Normal
  3. UMKM
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini