Pekan ini, Bank Mandiri Mulai Tawar Harga Bank Permata

Selasa, 9 April 2019 15:43 Reporter : Merdeka
Pekan ini, Bank Mandiri Mulai Tawar Harga Bank Permata Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo. ©2018 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Bank Mandiri akhirnya buka suara mengenai rencana akuisisi Bank Permata. Rencananya, pekan ini, proses negosiasi akan mulai dilaksanakan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Utama PT Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo. Saat ini proses akuisisi telah masuk sampai tahapan due diligence (proses uji tuntas) dengan seluruh pemegang saham Bank Permata.

"Minggu ini mulai negosiasi, tapi masih fifty-fifty. Kalau harganya cocok ya jalan, kalau tidak, ya tidak. Namanya juga negosiasi orang jual beli pasti bisa cocok bisa juga tidak," ujarnya saat ditemui di persiapan ABAC II di Mandiri Club, Jakarta, Selasa (9/4).

Tiko menambahkan jika saat ini Bank Mandiri juga telah melakukan koordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku pemegang saham terkait proses akuisisi ini. Namun, pihaknya belum memperoleh izin resmi dari dua otoritas berwenang.

Jika proses akuisisi ini berlanjut, Tiko memastikan bahwa Bank Mandiri akan melebur Bank Permata dengan salah satu perusahaannya. Hal ini disebabkan karena saat ini Bank Mandiri telah memiliki dua entitas anak yang bergerak di jasa perbankan, yakni PT Bank Syariah Mandiri dan PT Bank Mandiri Taspen.

"Kami tidak mungkin punya anak usaha bank tiga, meskipun dikasih kelonggaran. Jadi kami harus merger salah satunya, tapi kemananya belum tahu. Ini masih omongan dua hingga tahun ke depan, masih jauh," jelasnya.

Sebagai tambahan informasi, isu bahwa Bank Permata akan diakuisisi Bank Mandiri mencuat dari Standard Chartered yang memberi sinyal untuk melepas saham Bank Permata. Standard Chartered berniat menjual 45 persen kepemilikan saham di Bank Permata. Pihaknya akan mereklasifikasi kepemilikannya sebagai non-inti.

Reporter: Ayu Lestari Wahyu

Sumber: Liputan6 [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini