Pekan Depan, Penurunan Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Bakal Dievaluasi

Senin, 10 Juni 2019 11:39 Reporter : Merdeka
Pekan Depan, Penurunan Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Bakal Dievaluasi Ilustrasi Pesawat. Ilustrasi shutterstock.com

Merdeka.com - Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, pemerintah akan mengevaluasi penurunan tarif batas atas tiket pesawat pekan depan. Mengingat, penurunan tarif ini sudah ditetapkan pada pertengahan Mei lalu.

Diketahui, pemerintah menetapkan tarif batas atas tiket pesawat turun mulai dari 12-16 persen. Penurunan batas atas 12 persen akan berlaku untuk rute-rute populer, seperti Jawa. Sedangkan penurunan batas atas 16 persen berlaku untuk rute ke Jayapura.

"Kita sepakat mau evaluasi (tarif batas atas) sesudah Lebaran yaitu pada situasi dan kondisi sedang normal. Bukan ketika peak season atau harga tinggi," tuturnya di Gedung Kemenko, Senin (10/6).

Dia menjelaskan, perlu sinergi antara Kementerian/Lembaga untuk terus mendukung evaluasi industri penerbangan nasional secara berkala. "Jadi memang sudah kita jadwalkan dan akan kita evaluasi terkait ini," ujarnya.

Sementara itu, pemerintah juga kini mempertimbangkan rencana masuknya maskapai asing ke dalam negeri guna menciptakan harga yang kompetitif untuk tiket pesawat. "Minggu ini kita juga membahas perihal maskapai asing. Termasuk plus minusnya kebijakan menarik maskapai asing ini," paparnya.

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini