Pegadaian Beberkan Untung Miliki Tabungan Emas

Sabtu, 17 Oktober 2020 21:30 Reporter : Merdeka
Pegadaian Beberkan Untung Miliki Tabungan Emas Nasabah Pegadaian Melonjak saat Covid-19. ©2020 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Asisten Manajer II PT Pegadaian, Rika Gunawan, menjelaskan bahwa tabungan emas tidak bekerja sebagaimana tabungan uang tunai pada umumnya. Namun, layanan penjualan dan pembelian emas dengan fasilitas titipan. Sehingga, nilai Rupiah yang kita masukkan ke dalam tabungan akan segera dikonversikan ke gram emas sesuai dengan dana yang disuntikkan.

"Menabung emas itu bukan berarti kita bawa emas untuk ditabung ya! Misalnya, emas itu tidak punya ATM, tidak dikenai biaya admin tiap bulannya dan hanya setahun sekali, nilai tabungannya paling kecil hanya Rp 10.000, dan tabungannya nanti bukan tertulis nominal uangnya tetapi gram emasnya, lalu tabungan emas juga memungkinkan nasabah untuk menarik tunai secara Rupiah ataupun melalui cetak dalam bentuk logam mulia," ujar Rika dalam sesi Webinar Finansialku Youth Festival pada Sabtu (17/10).

Oleh karena itu tabungan emas erat kaitannya dengan dana darurat. Sebab, dengan tabungan emas, masyarakat dapat mulai menyicil atau menyisihkan uang dengan membeli emas. Terlebih, dana darurat paling tidak disiapkan sebesar 6 kali dari pengeluaran masyarakat setiap bulannya.

"Emas ini untungnya kan kita tahu nilainya cenderung meningkat. Lalu, toko emas juga di mana-mana. Kalau temen-temen bawa emasnya, ya nanti bisa dijual," tuturnya.

Dalam rangka mendukung budaya tabungan emas, Pegadaian membuat aplikasi khusus yang bernama "Pegadaian Digital". Sehingga, nasabah yang ingin menabung emas tidak perlu datang ke outlet secara langsung.

"Dengan aplikasi kita bisa menabung emas. Lalu, kalau misalnya amit-amit terjadi sesuatu seperti kecelakaan, dengan tabungan emas ini, Anda bisa langsung cairkan ke rekening biasa. Jadi, ketika memilih instrumen untuk dana darurat, pastikan pas kita butuh cepat, itu emang cepat buat diambil," tutur Rika.

Adapun, proses pembukaan rekening Tabungan Emas di Pegadaian dapat melalui registrasi langsung dengan mendatangi outlet Pegadaian terdekat, lalu lanjut ke proses administrasi seperti pengisian data dan membayar uang registrasi, lalu transaksi selanjutnya dapat melalui bendaharawan gaji ataupun Pegadaian Digital Service (PDS). Untuk mengaktifkan PDS, dapat melalui Aktivasi Finansial di gerai Pegadaian terdekat.

Baca Selanjutnya: Fitur Tabungan Emas...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini