Pedagang bakso mulai resah harga daging sapi merangkak naik

Minggu, 19 Januari 2014 09:17 Reporter : Idris Rusadi Putra
Pedagang bakso mulai resah harga daging sapi merangkak naik pedagang bakso. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Harga daging sapi di Indonesia cenderung terus naik dari tahun lalu. Dari data Kementerian Perdagangan, harga daging sapi masih berkisar di antara Rp 97.600 per Kilogram dan ini lebih tinggi dibandingkan Desember 2013 yang tercatat hanya Rp 94.210 per Kilogram.

Ketua Asosiasi Pedagang bakso Indonesia Trisetyo Budiman mengaku resah dengan terus naiknya harga daging sapi. Menurut Budiman, kenaikan harga daging sapi memang terasa dengan rata rata di Jabodetabek naik dari Rp 93.000 per Kilogram menjadi Rp 95.000 per Kilogram.

"Kalau naik terus ya menyusahkan, tapi ini kan karena kenaikan harga sapi dan impor sapi," jelas Trisetyo ketika dihubungi merdeka.com di Jakarta, Minggu (18/1).

Menurut Trisetyo, kenaikan harga daging sapi kali lebih disebabkan karena tingginya harga sapi hidup yang diimpor dari Australia. Bukan itu saja, pelemahan rupiah juga membuat biaya impor menjadi mahal.

"Penyebabnya itu ya kurs rupiah kita yang melemah," tambahnya.

Tak mau pusing memikirkan harga daging sapi, Trisetyo mempunyai cara menekan produksi bakso agar tak mahal. Cara pertama adalah dengan mencampur daging sapi segara dengan daging beku dengan komposisi 50 persen 50 persen. "Kemudian juga daging segar dicampur dengan ayam. kalau ukuran bakso sama seperti biasa tidak kami kurangi," tutupnya. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Daging Sapi
  3. Harga Daging Sapi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini