Pakai food truck buatan PGN jadi solusi efisiensi bisnis kuliner

Selasa, 13 September 2016 17:39 Reporter : Hana Adi Perdana
Pakai food truck buatan PGN jadi solusi efisiensi bisnis kuliner Food truck PGN. ©2016 Merdeka.com/Hana Adi

Merdeka.com - Pameran Indonesia Business & Development Expo 2016 baru saja berakhir. Semua produk-produk milik badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah dipamerkan.

Dari puluhan produk BUMN yang dipamerkan, ada salah satu produk yang menarik perhatian, yakni food truck milik PGN Solution, anak usaha dari PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk. Produk ini merupakan inovasi terbaru dari PGN Solution yang menawarkan efisiensi melalui penggunaan gas.

Corporate Relation PGN Solution Pratiwa Dyatmika mengungkapkan, food truck ini merupakan terobosan baru dari PGN Solution yang ditunjukkan untuk Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM). Alasannya, food truck yang memiliki 4 tabung gas dengan total kapasitas sebesar 60 meter kubik ini mampu memberi penghematan yang cukup signifikan dalam penggunaan energi.

Dia menegaskan, penghematan tersebut dari penggunaan bahan bakar minyak ( BBM) sebesar 39 persen, listrik 27 persen, dan konsumsi gas untuk keperluan memasak sebesar 68 persen.

"Untuk penggunaan ekstrem dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam, cukup membayar Rp 180.000 untuk isi ulang tabung gas. Dan itu bisa digunakan untuk berjualan selama 3 - 4 hari. Bayangkan dengan food truck lainnya, berapa biaya yang dibutuhkan selama waktu tersebut?," ujar Dyatmika kepada merdeka.com di Jakarta, pekan lalu.

Dyatmika menjelaskan, saat ini food truck hemat energi tersebut baru tersedia 2 unit dan akan tersedia lagi jika ada permintaan.

PGN Solution menawarkan harga berbeda untuk 1 unit food trucknya. Untuk 1 unit food truck dengan ukuran 5 meter sebesar Rp 450 - Rp 500 juta. Sementara, untuk ukuran 6+2 meter ditawarkan harga Rp 650 juta.

"Itu isinya standar, hanya kasih kompor, dispenser, showcase dan coffee maker. Kalau mau jualan lain, berarti perlu ada tambahan instalasi ya additional cost. Mau konsumen yang beli kami instal atau kita yang beli dan installin," tutur Dyatmika.

Dia menambahkan, jika konsumen ingin melakukan pemesanan, pihaknya akan langsung menyambangi untuk bernegosiasi. Jika sudah setuju, konsumen hanya perlu duduk manis dan menerima kunci food truck di tangan.

"Nanti selama 3-4 bulan kita akan langsung karoseri. Itu nanti kita kasih branding sekalian," tegasnya.

Bila membeli dirasa cukup mahal, PGN Solution menawarkan opsi sewa. Harganya bervariasi tergantung dari ukuran mobilnya.

"Untuk ukuran 5 meter harga sewa itu Rp 17,5 juta dengan bank garansi sebesar Rp 60 juta. Sewanya 2 tahun. Kalau ini yang 6+2 meter sewanya Rp 25 juta per bulan dengan bank garansi Rp 100 juta," ungkapnya.

"Bank garansi akan kita kenakan disini, jadi untuk menjamin bahwa konsumen akan tetap bayar saat tidak memiliki uang untuk membayar sewa," tambahnya.

Dyatmika menambahkan, setelah kontrak selama 2 tahun usai, pihaknya akan menyambangi konsumen dan menanyakan kembali apakah konsumen berminat untuk menyewa kembali atau tidak. Jika tidak, bank garansi yang diberikan akan dikembalikan.

"Jika iya, food trucknya akan diberikan secara cuma-cuma kepada konsumen dan bank garansi beserta interior dalam food truck akan diambil PGN Solution," tandasnya. [sau]

Topik berita Terkait:
  1. PGN
  2. Bisnis Kuliner
  3. Gas Bumi
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini