Pahami cara dan untung rugi sebelum membeli rumah lelang

Jumat, 15 Desember 2017 06:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Pahami cara dan untung rugi sebelum membeli rumah lelang ilustrasi rumah kecil. ©www.businessweek.com

Merdeka.com - Setiap bulan, bank menawarkan ratusan rumah lelang kepada masyarakat. Lelang rumah memang lebih murah dari rumah pada umumnya, namun harus pelajari dulu cara dan untung rugi membeli rumah lelang sebelum Anda membuat keputusan.

Tawaran lelang rumah biasanya diumumkan secara terbuka oleh bank milik pemerintah. Tiga bank yang paling rajin menawarkan ialah Bank BTN, Bank Mandiri, dan Bank BNI.

Ada ratusan jenis properti yang segera dilelang setiap kali bank tersebut mengeluarkan pengumuman. Selain rumah, ada pula apartemen, ruko (rumah dan toko), kios, hingga tanah darat, tanah sawah, dan gudang.

Meski demikian, Anda harus memahami dulu untung rugi membeli rumah lelang. Salah satu keuntungan membeli properti melalui lelang ialah harganya yang murah dibandingkan membeli rumah baru atau rumah bekas non-lelang. Perbedaan harganya bisa mencapai sekitar 10 persen.

Contohnya, sebuah rumah di Komplek Gria Jakarta Tangerang Selatan dengan luas tanah 120 m2 dan bangunan 223 m2 hanya dijual Rp 550 juta. Padahal harga normalnya sekitar Rp 750 juta. Dengan catatan kondisi rumah lelang ini sebagian sudah tak terawat sehingga perlu direnovasi segera oleh pemiliknya.

Meski memiliki kelebihan, membeli rumah lelang juga punya beberapa kekurangan. Antara lain, Anda harus melihat kondisi fisik rumah yang akan kamu beli.

Jika terlalu rusak, Anda harus menyediakan dana ekstra untuk renovasi rumah. Jika tidak memiliki dana ekstra ini, Anda akan sulit memanfaatkan rumah yang baru Anda beli karena kondisinya tidak layak dihuni.

Berikut cara membeli rumah lelang seperti dikutip HaloMoney.

[azz] SELANJUTNYA

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini