Pahami 3 Risiko Ini jika Ingin Jualan di Marketplace

Kamis, 6 Mei 2021 08:00 Reporter : Anggun P. Situmorang
Pahami 3 Risiko Ini jika Ingin Jualan di Marketplace belanja online. shutterstock

Merdeka.com - Banyaknya migrasi pelaku UMKM ke skema pemasaran digital selama pandemi menandakan adanya permintaan konsumen yang terus berevolusi. Namun, dibalik peluang dan segala kemudahan, ada beberapa hal yang patut jadi pertimbangan pengusaha sebelum memutuskan terjun ke transformasi bisnis secara digital.

CEO Qasir Michael Williem menyebut, kerap kali usahawan luput memperhatikan risiko yang muncul dari pemasaran melalui media sosial dan platform marketplace atau e-commerce. Demikian dikutip keterangan resminya, Jakarta, Kamis (6/5).

"Kami menyadari usahawan mikro yang akan menjalani usaha online akan lebih mudah dengan memulai penjualannya di media sosial maupun marketplace. Namun, usahawan juga perlu mempertimbangkan risiko apa saja yang dihadapinya, di samping peluang dan benefit yang didapat jika hanya mengandalkan kedua media tersebut untuk pemasaran," jelas Michael.

Untuk mengendalikan risiko, penggunaan website menjadi sangat penting untuk membangun trust dan reputasi sebuah usaha. Kesadaran usahawan untuk memiliki landing page ataupun website sendiri akan terus bertumbuh.

Menurut pria yang akrab disapa Mike ini, setidaknya ada tiga jenis risiko dari media sosial dan marketplace yang dapat menjadi pertimbangan agar semakin siap dan strategis ketika memulai bisnis online.

1. Waspada Ancaman Kejahatan Siber

Kemudahan dan pengalaman berbisnis yang lebih simpel dengan menggunakan platform pihak luar tetap berisiko akan faktor keamanan. Kemungkinan adanya pencurian identitas maupun produk dan layanan yang disalahgunakan bisa dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Misalnya, secara langsung maupun tak langsung kompetisi yang tidak sehat membuat kompetitor Anda berusaha untuk menyerang privasi dan menjual informasi yang Anda miliki. Hal ini tentunya dapat merugikan konsumen maupun usahawan dan keberlangsungan bisnis ke depannya.

Baca Selanjutnya: Pembagian Kontrol dan Biaya dengan...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. E Commerce
  3. UMKM
  4. Tips Sukses
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini