Pagi ini, Rupiah dibuka menguat ke level Rp 13.579 per USD

Jumat, 27 Mei 2016 09:00 Reporter : Saugy Riyandi
Pagi ini, Rupiah dibuka menguat ke level Rp 13.579 per USD Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Pergerakan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) cenderung menguat di perdagangan pagi ini, Jumat (27/5). Rupiah dibuka di level Rp 13.579 per USD atau menguat dibanding penutupan kemarin di Rp 13.584 per USD.

Mengutip data Bloomberg, di awal perdagangan Rupiah langsung menguat ke Rp 13.574 per USD. Rupiah hari ini menguat dibanding perdagangan kemarin, di mana Rupiah melemah hingga menyentuh level Rp 13.600 per USD.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo mengatakan melemahnya Rupiah di perdagangan kemarin karena adanya isu kenaikan suku bunga dari bank sentral Amerika Serikat (The Fed) pada pertengahan 2016 nanti. Putusan The Fed ini berdampak pada stabilitas keuangan dunia karena banyak negara yang kemudian meresponnya.

"Tetapi yang juga baru ikuti adalah berita baik dari United Kingdom (UK) yang kelihatannya cenderung untuk tetap di Uni Eropa makin tinggi dan menimbulkan kepastian dan lagi-lagi masyarakat bereaksi. Jadi hal-hal seperti itu banyak terpengaruh," kata Agus di Kantornya, Jakarta, Rabu (25/5).

Selain kedua hal tersebut, keputusan pemerintah Iran untuk tidak membekukan produksi dan menggenjot ekspor minyak juga menjadi penyebab lemahnya nilai tukar Rupiah. Sebab, seluruh produksi di Tanah Air masih bergantung pada harga minyak.

Bukan hanya itu, lanjut Agus, pada kuartal II tercatat masih banyak perusahaan yang memerlukan valuta asing untuk untuk melakukan pembayaran dividen ke luar negeri ataupun kewajiban lain. "Jadi secara umum itu adalah bersifat sementara dan BI akan terus ada di pasar untuk terus menjaga," imbuhnya. [sau]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini