Pada diaspora, Jokowi minta promosikan RI tarik investasi asing

Senin, 3 Juli 2017 10:54 Reporter : Supriatin
Pada diaspora, Jokowi minta promosikan RI tarik investasi asing Jokowi dan keluarga liburan di kebun binatang ragunan. ©2017 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi menerima audiensi diaspora Indonesia. Audiensi diaspora tersebut diterima di Istana Merdeka, Jakarta.

"(Kepada diaspora) Presiden memberikan beberapa saran, arahan," kata Menteri Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/7).

Dalam arahannya, Presiden Jokowi menekankan agar diaspora Indonesia turut meningkatkan ekspor dan menarik investasi dari luar negeri. Upaya ini diyakini penting dilakukan di tengah ketidakstabilan ekonomi dunia.

"Presiden berharap bahwa para diaspora Indonesia dapat bekerja sama dengan pemerintah dalam rangka meningkatkan ekspor kita ke sana dan juga dalam rangka menarik investasi asing ke Indonesia," jelas Retno.

Menteri Retno menuturkan, diaspora Indonesia dipandang sebagai aset bangsa yang bisa membangun ekonomi nasional. Oleh karena itu, pemerintah mendorong kerja sama yang baik guna menarik peluang dari luar negeri tempat para diaspora Indonesia menetap.

"Akan sangat baik apabila kita bisa bersinergi dengan para diaspora yang sudah tinggal di sana lama, yang sudah memiliki network yang baik untuk katakanlah mempermudah kita di dalam membuka peluang pasar," ujarnya.

Dalam pertemuan, lanjut Menteri Retno, Kepala Negara juga menyampaikan kepada para diaspora bahwa Indonesia sudah memperoleh peringkat laik investasi atau investment grade. Investment grade ini akan mempermudah upaya menarik investor asing ke Indonesia dan promosi pariwisata.

"Jadi tagline Wonderful Indonesia akan dibawa oleh diaspora Indonesia, kemana pun, kapan pun, dimana pun, apa pun, aktivitas yang akan dilakukan. Sehingga pada saat diaspora melakukan kegiatan maka akan gampang sekali kalau sudah bicara Wonderful Indonesia is Indonesia," sambungnya. [bim]

Baca juga:
Tips sukses anak Indonesia pendiri Marvell Technology di Amerika
Menteri Susi ajak diaspora Indonesia ikut jaga kekayaan laut
Kongres Diaspora bakal bahas soal dwikewarganegaraan
Sonita Lontoh, diaspora Indonesia sukses jadi petinggi Siemens
Bakal ada Kartu Diaspora Indonesia
Di kongres diaspora Indonesia, Sri Mulyani mengaku sulit tidur
Tokoh diaspora NTT deklarasi merawat kebinekaan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini