OLX: Rumah Tapak Masih Jadi Primadona

Selasa, 26 November 2019 15:04 Reporter : Wilfridus Setu Embu
OLX: Rumah Tapak Masih Jadi Primadona perumahan. ©2012 Merdeka.com/sapto anggoro

Merdeka.com - Rumah tapak (landed house) masih menjadi primadona dibandingkan dengan apartemen. Hal ini berdasarkan data yang dihimpun OLX dari aktivitas pengunjung di platform-nya.

Head of Real Estate OLX Indonesia Ignasius Ryan Hasim mengatakan, dari mayoritas pengunjung OLX yakni 46 persen mencari rumah tapak untuk dibeli. Sementara 18 persen pengunjung mencari rumah tapak untuk disewa.

"Rumah memang masih jadi primadona, 46 persen dari total pencarian masih mencari rumah yang dijual. 46 persen orang masuk OLX, ingin membeli rumah," kata dia, di Jakarta, Selasa (26/11).

Angka tersebut jauh melampaui apartemen. Jumlah user yang mencari apartemen untuk dibeli hanya sebesar 2 persen dari total pengunjung. Sementara mereka yang masuk OLX untuk menyewa apartemen sebesar 4 persen dari total pengunjung.

Dia menjelaskan, untuk rumah, pengguna kebanyakan mencari rumah dengan luas tanah 60-80 meter persegi. Sementara luas bangunan 40-60 meter persegi. "Di tengah maraknya pembangunan cluster bertingkat, ternyata rumah satu lantai masih lebih diminati pengguna OLX," ujar dia.

Untuk hunian apartemen, mayoritas pengguna melakukan pencarian terhadap sewa apartemen berukuran 20-40 meter persegi dengan satu atau dua kamar. Menariknya, alih-alih mencari apartemen di lantai tinggi atau lantai bawah, mayoritas pengguna mencari apartemen di posisi tengah bangunan, seperti lantai 8-10.

"Kita ngobrol dengan agen dan teman-teman di market, mereka (pembeli) pilih yang pas. Tidak terlalu tinggi, atau rendah. Enaknya kalau di lantai 10 sunset atau sunrise dapat juga, tapi juga lihat pemandangan yang lebih jauh," tandasnya.

2 dari 2 halaman

Sektor Properti Masih Menarik

masih menarik

Ignasius optimis sektor properti akan tetap moncer di tahun 2020. Ada beberapa faktor pendorong, salah satunya kepastian politik.

"Satu kepastian politik. Tahun lalu kan kayaknya masih tunggu, wait and see. Presidennya siapa, nomenklatur kementerian seperti apa. Setelah kementerian sudah dirilis, kita harus lihat belum terlalu banyak hal berubah. Jadi tidak ada hal berubah total," tambah dia.

Sebagai platform iklan properti, pihaknya juga aktif menjalin komunikasi dengan pengembang maupun agen properti. Sinyal yang ditangkap OLX, sektor properti masih menarik di tahun depan.

"Kita bicara sama teman-teman agen properti, pelaku properti di pasar, hampir semua daerah bilang harusnya tahun depan cukup positif. Dari sisi OLX kita merefleksikan apa yang terjadi di market," kata dia. [azz]

Baca juga:
Sektor Properti Diyakini Masih Menarik di 2020, Ini Faktor Pemicunya
Bank BTN Raih Potensi Kredit Baru Rp4,54 Triliun di Gelaran IPEX 2019
Gedung di Ibu Kota Baru akan Diasuransikan
Pemerintah Asuransikan 1.360 Barang Milik Negara Senilai Rp10,84 Triliun
Pemerintah Turunkan DP Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini