OJK wajibkan EMTK lapor perkembangan akuisisi Indosiar

Jumat, 17 Januari 2014 17:16 Reporter : Sri Wiyanti
OJK wajibkan EMTK lapor perkembangan akuisisi Indosiar SCTV. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masih menunggu perkembangan masalah akuisisi PT Indosiar Karya Media (IDKM) Tbk oleh PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) yang dinyatakan tidak sah oleh Ditjen Pajak. Sebab, pihak EMTK mengajukan nilai akuisisi didasari oleh aset yang tercantum dalam nilai buku, sementara Ditjen Pajak menilai akuisisi harus didasari oleh nilai pasar.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida mengatakan, OJK sudah menerima perkembangan terkini terkait rencana EMTK melakukan gugatan terhadap Ditjen Pajak melalui Pengadilan Pajak.

"Berdasarkan laporan yang disampaikan emiten ke OJK, emiten sedang mengajukan keberatan/gugatan ke pengadilan pajak. Jadi perlu dilihat perkembangannya seperti apa," kata Nurhaida kepada merdeka.com, Jumat (17/1).

Ke depan, OJK akan terus mendesak emiten terkait untuk menyampaikan perkembangan penyelesaian batu sandungan kelancaran proses akuisisi tersebut, yang berpotensi mengganggu kinerja emiten di kemudian hari.

"OJK sudah menyampaikan kepada emiten tersebut agar melakukan keterbukaan informasi mengenai hal ini dan menyampaikan perkembangannya kepada OJK dan publik," tutup Nurhaida.

Sebelumnya, upaya merger sudah dijalankan sejak Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 5 April 2013 menyetujui penggabungan kedua perseroan. Pengurusan ke Ditjen Pajak melalui kantor wilayah Jakarta dilakukan pada 25 Oktober 2013.

Masalahnya, setelah November lewat, pada 13 Desember tahun lalu, Ditjen pajak mendadak menerbitkan surat keputusan yang menyatakan permohonan EMTK tidak memenuhi syarat formal dalam pelaksanaan merger. [bim]

Baca juga:
Ditjen Pajak santai jika dituntut SCTV gara-gara hambat merger
Ditjen Pajak tak mau kehilangan potensi pajak SCTV dan Indosiar
Merger SCTV-Indosiar terhambat aturan pajak, DJP bakal digugat
Film lokal bantu SCMA hadapi goncangan pelemahan Rupiah
Pemilu tak bantu angkat pendapatan iklan Surya Citra Media

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. OJK
  3. Akuisisi
  4. Sctv
  5. Bursa Saham
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini