OJK sebut investor pasar modal nasional dikuasai asing

Senin, 5 Mei 2014 11:45 Reporter : Novita Intan Sari
OJK sebut investor pasar modal nasional dikuasai asing Ilustrasi OJK. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan perkembangan pasar modal sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebab, pasar modal merupakan sumber pendanaan yang kuat.

Wakil Kepala Dewan Komisioner OJK, Rahmat Waluyanto terus mengupayakan peningkatan kepemilikan investor lokal di pasar modal yang saat ini masih dikuasai asing. Saat ini kepemilikan asing di pasar modal masih tinggi mencapai 60 persen.

"Ke depan investor lokal mampu bersaing dengan asing melalui kepemilikannya di pasar saham. Kita akan terus fokus untuk memperbesar investor lokal. Namun, untuk investor asing kita tetap welcome," ujarnya di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (5/5).

Menurutnya, hadirnya investor lokal di pasar modal mampu membawa stabilitas. Pasalnya, potensi dana keluar negeri bisa ditekan.

"Saat ini investor asing ada 60 persen di pasar saham dan 33 persen di pasar obligasi negara. Jadi bagaimana kemudian misalnya untuk kebutuhan pendanaan sektor swasta maupun publik itu betul-betul mengandalkan dari pasar modal domestik," jelas dia.

Rahmat melanjutkan, bagi negara berkembang seperti Indonesia, pasar modal yang kuat dapat membiayai pendanaan dalam jangka panjang misalnya infrastruktur.

"Yang paling penting adalah bagaimana investor asing itu diberikan ruang. Kita tetap akan memberlakukan kebijakan market friendly, meskipun kita memprioritaskan pengembangan pasar domestik dengan lebih memperbesar porsi investor lokal," tutup dia. [bim]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. OJK
  3. Bursa Saham
  4. Investasi
  5. Pasar Modal
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini